Cetak Gol ke-60, Ibrahimovic Bawa Swedia Menang

Swedia berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Denmark pada laga leg pertama play-off Piala Eropa 2016 bertajuk Derbi Skandinavia,

Cetak Gol ke-60, Ibrahimovic Bawa Swedia Menang
JONATHAN NACKSTRAND/AFP
Penyerang Swedia Zlatan Ibrahimovic (tengah) dibayang-bayangi oleh bek Denmark Simon Kjaer (kiri) pada laga play-off Piala Eropa 2016 di Stadion Friends Arena, Solna, Sabtu (14/11/2015). 

SRIPOKU.COM, SOLNA - Swedia berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Denmark pada laga leg pertama play-off Piala Eropa 2016 bertajuk Derbi Skandinavia, di Stadion Friends Arena, Solna, Sabtu (14/11/2015) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Dua gol tuan rumah dibukukan oleh Emil Forsberg pada menit ke-45 dan eksekusi penalti Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-50. Gol itu pun menjadi yang ke-60 bagi Ibrahimovic bersama Swedia. Adapun gol Denmark diciptakan oleh Nicolai Jorgensen pada menit ke-80.

Pada babak pertama, pertandingan berjalan cukup ketat dan keras. Baik Swedia maupun Denmark sama-sama menampilkan permainan ngotot. Hal itu bisa dibuktikan dari jumlah tendangan kedua tim pada babak pertama.

Swedia tercatat melepaskan 10 tendangan dan tiga di antaranya tepat sasaran. Adapun Denmark melakukan sembilan tembakan dengan satu di antaranya mengarah ke gawang.

Tuan rumah mampu membuka keunggulan pada menit ke-45 melalui gol yang dicetak oleh Emil Forsberg. Berawal dari umpan silang mendatar Mikael Lustig, Forsberg dengan mudah menceploskan bola ke sisi kanan gawang Kasper Schmeichel.

Saat injury time babak pertama, Swedia nyaris menambah keunggulan melalui tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic. Sayang, sepakan pemain Paris Saint-Germain itu masih dapat diantisipasi oleh Schmeichel. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Swedia mendapatkan hadiah penalti setelah Forsberg dijatuhkan di kotak terlarang. Ibrahimovic yang maju sebagai eksekutor, sukses menjalankan tugasnya pada menit ke-50, dan membawa Swedia unggul 2-0.

Denmark tak tinggal diam. Skuat asuhan Morten Olson tersebut mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-80 melalui gol pemain pengganti, Nicolai Jorgensen. Berawal dari sepak pojok, bola disambut tandukan Yussuf Poulsen yang kemudian diteruskan dengan sodoran Jorgensen.

Selepas gol Jorgensen, para pemain Denmark menjadi percaya diri. Mereka menampilkan permainan agresif dan beberapa kali mengancam gawang Swedia yang dikawal oleh Andreas Isaksson. Namun, hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk Swedia tak berubah.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Swedia jelang leg kedua play-off di kandang Denmark, pada Selasa (17/11/2015). Akan tetapi, kesempatan Denmark juga masih terbuka lantaran hanya perlu menang 1-0 pada laga nanti.

Susunan pemain

Swedia: 1-Andreas Isaksson; 5-Martin Olsson, 4-Andreas Granqvist, 3-Mikael Antonsson (15-Erik Johansson 29'), 2-Mikael Lustig; 9-Kim Kallstrom, 21-Jimmy Durmaz, 8-Oscar Lewicki, 6-Emil Forsberg; 10-Zlatan Ibrahimovic (11-John Guidetti 82'), 19-Marcus Berg
Pelatih: Erik Hamren (Swedia)

Denmark: 1-Kasper Schmeichel; 4-Daniel Agger, 3-Simon Kjaer, 6-Lars Jacobsen, 5-Riza Durmisi; 15-Thomas Kahlenberg (19-Nicolai Jorgensen 54'), 7-William Kvist, 10-Christian Eriksen, 8-Martin Braithwaite (20-Yussuf Poulsen 71'), 21-Viktor Fischer (23-Pierre Hojbjerg 54'); 11-Nicklas Bendtner
Pelatih: Morten Olsen (Denmark)

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved