Bakar Lahan, Kebun Warga Ikut Terbakar

Kedatangan Jamaludin tak sorang diri, melainkan bersama beberapa warga lainnya yang lahan dan perkebunannya juga ikut terbakar.

Bakar Lahan, Kebun Warga Ikut Terbakar
SRIPOKU.COM/DOKUMEN
Asap putih membubung dari kawasan lahan terbakar, di Kecamatan Kertapati Palembang, terpantau dari Helikopter MI-8 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (4/9/2014). BNPB bersama BPBD Sumsel mengerahkan Heli MI-8 untuk melakukan water bombing mengurangi kabut asap tebal. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Tak terima lahan perkebunannya yang ada di Desa Daya Murni Jalur 16 Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin ludes setelah dibakar orang, Jamuludin (33) mengadu ke Polda Sumsel, Selasa (29/9/2015).

Kedatangan Jamaludin tak sorang diri, melainkan bersama beberapa warga lainnya yang lahan dan perkebunannya juga ikut terbakar.

Menurut keterangan Jamaludin saat ditemui di Polda Sumsel,  kebakaran itu berawal saat terlapor, Haras dkk sengaja melakukan pembakaran lahan yang letaknya tak jauh dari lahan milik Jamaluddin pada Kamis (10/9) sekitar pukul 13.00.

"Karena semua dalam keadaan kering, jadi api yang sengaja dibakarkan di lahan terlapor itu terus merambat dan membakar ke lahan warga lainnya termasuk lahan saya," jelasnya.

Akibat kejadian itu, dikatakan Jamaludin, beberapa lahan serta kebun sawit milik pribadinya juga ludes terbakar.

"Banyak yang terbakar bukan cuma milik saya sendiri melainkan milik warga lain juga. Setidaknya akibat kebakaran itu, 100 ha lahan warga ikut terbakar," terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol R Djarod Padakova menjelaskan, saat ini laporan korban telah diterima dengan bukti laporan LPB/725/IX/2015/Sumsel.

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi sebelum akhinya memanggil terlapor untuk diambil keterangan lebih lanjut," jelasnya.

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved