Formula 1

Ferrari Identik dengan Italia, Bukan Inggris

Menjelang musim balap 2015, muncul wacana untuk memindahkan markas dan pabrik tim Formula One (F1) Scuderia Ferrari ke Inggris.

Ferrari Identik dengan Italia, Bukan Inggris
AFP
Menjelang musim balap 2015, muncul wacana untuk memindahkan markas dan pabrik tim Formula One (F1) Scuderia Ferrari ke Inggris 

SRIPOKU.COM,MARANELLO - Menjelang musim balap 2015, muncul wacana untuk memindahkan markas dan pabrik tim Formula One (F1) Scuderia Ferrari ke Inggris. Tujuannya untuk melakukan transformasi budaya dan etos kerja agar Ferrari bisa bersaing di balap F1.

Wacana itu muncul menyusul hasil buruk tim berlambang Kuda Jingkrak selama musim 2014. Dua pembalap Ferrari, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen tidak sekalipun mampu naik podium dari 19 balapan yang digelar. Rekor buruk itu menjadi yang pertama setelah terakhir kali terjadi pada 1993 silam.

Sementara itu rival Ferrari, tim Mercedes yang dibela oleh Lewis Hamilton dan Nico Rosberg sukses memenangkan 16 dari 19 balapan yang berlangsung. Hasil gemilang Mercedes musim lalu itu membawa pembalapnya, Hamilton menjadi juara dunia dan tim asal Jerman ini menjadi yang terbaik di kelas konstruktor.

Tak hanya itu, Hamilton dan Rosberg juga mendominasi balapan dengan bergantian menaiki podium, hanya diselingi pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo yang bisa tiga kali finis di posisi pertama. Sejarah Ferrari bermarkas di Inggris sebenarnya bukan hal yang asing.

Pada dekade 1980-an, tim yang kini bermukim di Maranello itu pernah menghuni daratan Inggris saat desainer F1 kenamaan, John Barnard, menjadi direktur teknik Ferrari. Saat itu Barnard merancang mesin, model dan segala hal tentang aerodinamika mobil dari Inggris.

Apalagi saat ini ada delapan tim balap F1 yang berpartisipasi di musim 2014 bermarkas di Inggris, yaitu McLaren, Red Bull, Force India, Marussia, Lotus, Caterham, Williams, dan Mercedes. Hingga kemudian muncul julukan Motorsport Valley untuk Inggris karena negeri Ratu Elizabeth itu menjadi pusat penelitian, pengembangan dan pengujian berbagai rancangan teknologi dan mobil F1, reli sampai industri otomotif Eropa.

Namun wacana pemindahan Ferrari ke Inggris dimentahkan oleh bosnya langsung, Sergio Marchionne. "Ferrari itu identik dengan Italia. Mobil Ferrari harus dibuat di Italia, itu sudah eksklusif dan tidak boleh dibantah," cetus Marchionne mengutip dari Motorsport, Rabu (21/1/2015).

Pria yang sukses membangun Fiat dan Chrysler itu menambahkan kalau perubahan budaya tim yang dipimpinnya tidak mesti harus memindahkan markas dan pabrik. Melainkan sistem dan kontrol ketat dalam merancang serta pengujian teknologi balap F1.

Editor: Budi Darmawan
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved