Pasal Batu Bata, Polisi Dijerat Pasal Berlapis

Meski tidak sekali pun menatap wajah jaksa yang sedang membacakan tuntutan, Mulyadi tetap tampak seksama mendengarkannya.

Pasal Batu Bata, Polisi Dijerat Pasal Berlapis
CHINASMACK
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mulyadi, warga Perum Plam View Blok C Rt 47 Kelurahan Sukabangun Kecamatan Sukarami, didakwa pasal berlapis oleh jaksa, Fera SH, di PN Palembang Jumat (20/12/2013).

Terdakwa yang dilaporkan karena tidak membayar uang pembelian batu bata dengan harga total Rp 3.334.500 itu didakwa pasal pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 KUHP tentang penggelapan.

"Dari berkas di kepolisian yang kita terima, terdakwa yang tugas sebagai anggota Polri itu melanggar dua pasal. Ancaman hukuman penjara maksimal empat tahun," kata Fera.

Selama menjalani sidang, Mulyadi terlihat tenang. Meski tidak sekali pun menatap wajah jaksa yang sedang membacakan tuntutan, Mulyadi tetap tampak seksama mendengarkannya. Matanya sendiri terus tertuju pada majelis hakim yang diketuai Zahri.

"Sidang akan kembali dilanjutkan dengan agenda mendengarkan saksi. Sidang akan dilanjutkan pekan depan," kata Zahri.

Dari berkas persidangan diketahui, Mulyadi melakukan tindak pidana itu pada 15 Mei 2012 pukul 10.00 di Pos Provost Polda Sumsel Jl Jenderal Sudirman Palembang. Pada saat itu, terdakwa mendatangi korban, Sutioso untuk memesan batu bata ke korban sebanyak 5.000 buah yang harganya Rp 390/buah, dengan catatan ongkos kendaraan dibayar ke sopir yang mengantar.

Setelah sampai ongkos kendaraan langsung dibayar oleh terdakwa dan uang pesanan batubata belum dibayar. Kemudian, tanggal 24 Mei 2012 terdakwa kembali memesan batu bata ke korban sebanyak 3.000 lebih dengan ongkos kendaraan dibayar ke sopir yang mengantar.

Hingga beberapa waktu total uang pesanan batu bata mencapai Rp 3.334.500. namun saat ditegih terdakwa akan membayarnya saat gajian. Kesal tidak dibayar korban melaporkan terdakwa.

Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved