Ribuan Warga Pulau Jawa Tertarik Transmigrasi ke Desa Tempirai PALI, Daerah Lumbung Padi

Ribuan warga di Pulau Jawa tertarik untuk melakukan transmigrasi dan menempati lahan yang ada di Dua Desa Di PALI

Ribuan Warga Pulau Jawa Tertarik Transmigrasi ke Desa Tempirai PALI, Daerah Lumbung Padi
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA/IST
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang bersama rombongan saat meninjau lahan transmigrasi di Desa Tempirai Kabupaten PALI. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga 

SRIPOKU.COM, PALI -- Ribuan warga di Pulau Jawa tertarik untuk melakukan transmigrasi dan menempati lahan yang ada di Desa Tempirai Selatan dan Desa Persiapan Tempirai Barat Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kamis (16/5/2019).

Setidaknya ada 3 ribu warga Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tertarik bertransmigran ke Sumatera Selatan tepatnya Kabupaten PALI.

Keseriusan itu diperlihatkan saat tim dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa bersama pihak dari Jawa Timur langsung meninjau lokasi.

Tim yang dipimpin langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang sudah dua kali mendatangi Bumi Serepat Serasan untuk melihat secara langsung bakal lahan transmigrasi.

Menurut Wika, rencananya pihak Pemda Jawa Tengah bakal mengirimkan warganya untuk mengisi lokasi transmigrasi di PALI.

Diakui Wika Bintang, bahwa kedatanganya ke PALI sudah melalui proses yang panjang, mulai dari pencermatan, kordinasi, komunikasi dengan instansi terkait, lalu melakukan pengecekan.

"Kami pernah datang ke PALI dua tahun yang lalu, dengan tujuan meninjau lokasi transmigrasi disini, karena banyak masyarakat yang ingin berangkat transmigrasi, ada lebih 3.000 lebih kepala keluarga yang berminat untuk menjadi transmigran," ungkap Wika Bintang, Kamis.

Setelah dua kali melakukan penjajakan, dikatakan Wika bahwa kultur serta budaya warga PALI tidak jauh berbeda dengan adat di pulau jawa dan warga PALI welcome atau menerima kedatangan timnya kemari.

"Kita juga sudah bicara dengan Dinas transmigrasi Sumatera selatan, untuk area lahan transmigrasi sudah diurus di BPN, jadi kami rasa tidak ada kendala lagi. Program transmigrasi ini bila sudah di sepakati akan kit sering di APBD, untuk warga Jawa tengah," ungkap Wika.

Halaman
12
Penulis: Reigan Riangga
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved