News Video Sripo

Video Bawaslu PALI Pastikan Tak Bisa Gelar PSU, Aliansi Mantab Silahkan Ajukan PHPU ke MK

Aliansi Mantab Minta PSU di Kabupaten PALI, Bawaslu PALI Pastikan tak Bisa, Persilahkan PHPU di MK

SRIPOKU.COM, PALI -- Terkait kericuhan terjadi di depan Kantor Bawaslu Kabupaten PALI yang dilakukan oleh ratusan warga mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Tanah Abang Abab Bersatu (Mantab), Kamis (3/5/2019).

Basrul Komisioner Bawaslu Kabupaten PALI Divisi SDM Organisasi dan Data Informasi mengatakan, bahwa kedatangan salahsatu kelompok massa ke Bawaslu PALI untuk meminta PSU.

Menurut dia, terkait adanya laporan bahwa Pihak Bawaslu PALI tidak menindak lanjuti laporan masyarakat, menurut Basrul memang telah ada 2 laporan yang masuk ke Bawaslu dan sudah tindak lanjuti.

"Mereka melaporkan tanggal 26-27 April sesuai mekanismenya sudah dikaji Bawaslu PALI, kalau Bawaslu tidak merespon, itu miss komunikasi saja karena kita sudah panggil para terlapor," jelas dia.

Ia mengatakan, syarat PSU sesuai pasal 373 ayat 2 nomor 7 tahun 2017, paling lama dilaksanakan 10 hari setelah pemilihan.

"Peluang PSU di tingkat Penyelenggaraan tidak ada lagi, untuk itu teman-teman bisa PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) di Mahkamah Konstitusi (MK)," ungkap Basrul.

Menurut dia, sesuai ruang hukumnya tahapan selanjutnya ke PHPU di MK dan pelanggaran administrasi sudah ditindak lanjuti ke KPU.

"Jadi, syarat-syarat PSU sudah tidak bisa lagi," ujar Basrul.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved