Berita Musirawas

Hasil Sidak Tim Pemkab Musirawas, Jelang Puasa Harga Bawang Putih Melonjak dan Langka

Jelang bulan puasa, harga bawang putih di Pasaran Kabupaten Musirawas mengalami lonjakan harga cukup signifikan.

Hasil Sidak Tim Pemkab Musirawas, Jelang Puasa Harga Bawang Putih Melonjak dan Langka
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Tim Pengendali Inflasi Daerah(TPID) dan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Kabupaten Musirawas melakukan sidak harga dan ketersediaan sembako di Pasar B Srikaton Kecamatan Tugumulyo, Jumat (3/5/2019). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Jelang bulan puasa, harga bawang putih di Pasaran Kabupaten Musirawas mengalami lonjakan harga cukup signifikan.

Dari harga sebelumnya Rp35-40 ribu per kg, melonjak jadi Rp 60-80 ribu per kg. Selain mengalami kenaikan harga, stok bawang putih juga cenderung langka.

Hal ini diketahui dari hasil sidak Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Kabupaten Musirawas di Pasar B Srikaton Kecamatan Tugumulyo, Jumat (3/5/2019).

Tim yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disprindagsar) Kabupaten Musirawas Hj Nur Hasanah Yoesoef, memulai inspeksi ke pedagang sayuran, daging, ikan dan manisan di Pasar B Srikaton Kecamatan Tugumulyo dengan melihat produk, tanggal kadarluasa dan harga komoditi.

Dari hasil pantauan di pasar ini, tim tidak menemukan produk-produk makanan yang telah kadarluasa. Khusus untuk produk makanan yang cepat saji seperti tahu, tempe, es, mie dan sejenisnya, tim mengambil sampel produk untuk diuji labiratorium untuk mengetahui kandungan yang ada dalam makanan tersebut, apakah mengandung zat yang membahayakan ataupun tidak.

Sementara untuk ikan, daging dan ayam, tim juga tidak menemukan dagangan yang membahayakan konsumen seperti ayam tiren, daging oplosan dan ikan yang diawetkan dengan formalin atau zat sejenis yang berbahaya. Namun untuk memastikan itu tim mengambil sampel untuk di uji di laboratorium.

Sedangkan untuk harga sembako masih relatif stabil. Seperti beras jenis IR64 seharga RpRp9 ribu per kg, daging ayam Rp36 ribu kg, bawang merah Rp35 ribu kg, gula pasir Rp12 ribu per kg, daging sapi Rp120 ribu per kg dan jenis sembako lainnya relatif stabil.

Setelah meninjau kios dagangan di Pasar B Tugumulyo, tim melanjutkan sidak ke Pasar Megang Sakti. Di pasar ini, juga tidak ditemukan perbedaan harga yang berarti.

Mobil Toyota Kijang Terbakar di jalan Sudirman Depan International Plaza Palembang

Herman Deru Berangkatkan 40 Ton Logistik Bantuan Kemanusian Korban Banjir dan Longsor di Bengkulu

Srikandi Sepakbola Musirawas Tunjukkan Kualitasnya, Bawa Pulang Piala Pertiwi 2019

Namun khusus bawang putih harganya mencapai Rp100 kg. Tim juga tidak menemukan jenis dagangan basah seperti ikan menggunakan pengawet, ayam tiren dan daging oplosan.

Kepala Disperindagsar Pemkab Musirawas Hj Nur Hasanah Yoesoef didampingi Kasubbag Produksi Daerah Bagian Ekonomi Setda Mura, Lismawati, disela sidak, Jumat (3/5) mengatakan, kegiatan sidak yang dilakukan untuk memantau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat jelang bulan puasa.

Dengan sidak ini pihak pemerintah daerah dapat mengetahui gambaran inflasi, kebutuhan dan ketersediaan sembako di pasaran.

"Dari hasil sidak ini, tim tidak menemukan lonjakan harga sembako yang mencolok terkecuali harga bawang putih yang tinggi dan terjadi kelangkaan dipasaran. Hasil sidak ini akan dianalisa dan Pemkab Musirawqs akan merumuskan solusi untuk mengatasi hal tersebut," kata Hj Nur Hasanah Yoesoef.

Ditambahkan, TPID dan TJKPD Musirawas akan terus melakulan pemantauan harga sembako dan kulitasnya secara berkala baik selama bulan puasa maupun mendekati lebaran idul fitri 1440 H. Karena pihaknya memprediksi lonjakan harga sembako akan terjadi pada H-6 sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Untuk menghadapi itu, dimungkinkan Pemkab Musirawas akan menggelar operasi pasar selama bulan Ramadhan. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved