Hati-hati, Pakai Ponsel Secara Berlebihan Bisa Memperpendek Usia

Jika Anda menghabiskan berjam-jam dalam sehari untuk mengakses ponsel, Anda patut waspada. Pernahkah Anda mengecek berapa lama waktu yang Anda habiska

Hati-hati, Pakai Ponsel Secara Berlebihan Bisa Memperpendek Usia
ISTIMEWA
Ilustrasi - Hati-hati, Pakai Ponsel Secara Berlebihan Bisa Memperpendek Usia

SRIPOKU.COM - Jika Anda menghabiskan berjam-jam dalam sehari untuk mengakses ponsel, Anda patut waspada. Pernahkah Anda mengecek berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan ponsel?

Sebaliknya, jika Anda betah lama-lama mengoperasikan ponsel, kesehatan Anda bisa terdampak.

Sering Tak Disadari, 3 Kebiasaan Ini Dapat Memperpendek Usia

Banyak Tidur Bakal Memperpendek Usia

Cathrine Price, penulis buku "How to Break Up with Your Phone" dan pencetus gerakan "Screen/Life Balance" mengungkapkan, semakin sedikit kita menghabiskan waktu memakai ponsel, maka harapan hidup kita semakin lama.

Hormon koristol yang berkaitan dengan tingkat stres akan meningkat saat memakai ponsel lebih lama. Tentu saja, hal itu akan mengancam kesehatan kita dan berimbas pada potensi memperpendek usia harapan hidup.

Hormon koristol memicu perubahan fisik, seperti naiknya tekanan darah, detak jantung, dan gula darah yang membantu manusia memberikan respon, baik dalam mengendalikan maupun melawan potensi ancaman fisik.

Artinya, hormon ini bisa memberikan sinyal saat fisik merasa terancam. Tubuh akan mengeluarkan koristol untuk merespon emotional stressor saat detak jantung kurang bisa mengendalikan tekanan emosi yang datang.

Kaitanya dengan ponsel, "ancaman" yang terjadi bisa beragam dan mengambil bentuk lain.

Misalnya, mendapat e-mail atau pesan yang menjengkelkan, memantau linimasa yang tidak menyenangkan, membaca berita duka atau berita yang membuat marah, membaca komentar buruk dan sebagainya.

Memicu masalah kesehatan
Price mengatakan koristol tidaklah menjadi masalah jika terjadi sesekali. Tapi dengan semakin lama menggunakan ponsel, semakin banyak informasi yang didapat, semakin banyak potensi stres yang diterima, alhasil, koristol akan berdampak buruk.

Dilansir KompasTekno dari New York Times, Senin (29/4/2019), rata-rata orang Amerika menghabiskan waktu bermain ponsel sekitar empat jam sehari. Angka itu didapatkan dari aplikasi pelacak kesehatan bernama "Moment".

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved