Berita Palembang

Pembuatan KIA Butuh Waktu 3 Bulan, Kecamatan SU I Palembang Ajukan 13 Ribu KIA

Kartu Identitas Anak (KIA) saat ini sudah resmi diberlakukan untuk seluruh anak yang berusia di bawah 17 Tahun.

Pembuatan KIA Butuh Waktu 3 Bulan, Kecamatan SU I Palembang Ajukan 13 Ribu KIA
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Kepala Operator Pembuatan KIA Camat SU I Palembang, Rinal memperlihatkan KIA yang sudah selesai dicetak. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Kartu Identitas Anak (KIA) saat ini sudah resmi diberlakukan untuk seluruh anak yang berusia di bawah 17 Tahun.

Tujuan penerbitan KIA tersebut adalah meningkatkan pendataaan, perlindungan dan pelayan publik serta sebagai salah satu persyaratan anak untuk memasuki sekolah yang diberlakukan pada tahun ajaran baru.

Kartu identitas ini merupakan identitas resmi yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Meski begitu, pencetakan KIA ini memerlukan waktu yang cukup lama, yakni 2-3 bulan lamanya. Sehingga tak heran masyarakat banyak mengeluhkan hal tersebut.

"Di kantor camat SU I hingga saat ini tercatat sudah 13 ribu surat pengajuan untuk pendaftaran KIA dan baru selesai 2.500 kartu. Ini memerlukan waktu 2 sampai 3 bulan baru selesai," ungkap Rinal Kepala Operator Camat SU I Palembang, Rabu (13/3/2019).

Menurut dia, keterlambatan proses cetak KIA ini lantaran banyaknya masyarakat yang mengajukan kartu tersebut. Belum lagi pihak keterbatasan alat cetak yang dimiliki oleh Dukcapil.

"Sebenarnya, kecamatan SU I siap apabila diminta untuk melakukan pencetakan sendiri, namun untuk sistem aplikasi dan jaringan yang bisa jadi tidak mendukung sehingga prosesnya dialihkan ke Dukcapil," ujarnya.

Adapun syarat pembuat KIA dengan langsung mendatangi kantor Camat setempat dan membawa dokumen persyaratan, seperti fotocopy akte kelahiran, dan KK orang tua serta foto 2x3 bagi anak berusia diatas 5 tahun.

Semua warga yang mengajukan surat KIA akan dilakukan pengecekan data terlebih dahulu sebelum nantinya berkas akan diserahkan kepada Dukcapil

"Dari sini akan kita lakukan kroscek datanya sesuai apa tidak. Apabila dia sudah pindah akan kita kembalikan dan diproses ketempat dia pindah saat ini. Sedangkan apabila sudah memenuhi syarat, nantinya akan kita ajukan ke Dukcapil untuk proses cetak" ujarnya.

4 Nama Sarat Pengalaman Incar Kursi Pelatih Kiper Sriwijaya FC, Ada Nama Pelatih Kiper Timnas U19

Tak Peduli dengan Status, 5 Artis Cantik Ini Jatuh ke Pelukan Duda Bule, No 2 Seumuran Ayahnya

Sibuk Jadi Entertainer dan Setia Temani Ayah Sakit, Dewi Perssik tidak Tidur? Dari Pagi Belum Bobo

Penulis: Reigan Riangga
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved