Kisah Rabi'ah Al Adawiyah Wanita Suci Rela Tak Menikah, Raja sampai Ulama Sufi pun Ditolak

Cintanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala begitu dalam dan kuat, sehingga Ia tidak mampu mencintai yang lainnya karena cintanya hanya untuk Allah Subh

Kisah Rabi'ah Al Adawiyah Wanita Suci Rela Tak Menikah, Raja sampai Ulama Sufi pun Ditolak
Handout
Ilustrasi wanita berhijab 

SRIPOKU.COM - Rabi’ah al-Adawiyah memiliki nama lengkap Ummu al-Khair bin Ismail al-Adawiyah al-Qisysyiyah.

Lahir di Basrah pada tahun 95 H (717 M) menurut Ibn Khalikan, keluarga Rabi.ah dari suku Atiq, dan ayahnya bernama Ismail.

Rabi’ah al-Adawiyah adalah salah satu dari ulama sufi perempuan yang sangat disegani dalam sejarah peradaban Islam.

Pemikiran serta laku spiritualnya terus dikaji sampai sekarang, berbagai macam kisah hidupnya pun sudah banyak dikupas serta ditulis dalam banyak buku.

Termasuk soal ajaran cinta (mahabbah), selain Jalaluddin Rumi, Rabi’ah al-Adawiyah adalah seorang sufi yang mengusung mazhab cinta.

Cintanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala begitu dalam dan kuat, sehingga Ia tidak mampu mencintai yang lainnya karena cintanya hanya untuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Rabi’ah menyembah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan dasar cinta (hubb), bukan karena takut atau harap (roja’ dan khauf) sebagaimana kebanyakan orang.

Karena saking cintanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Rabi’ah pernah berujar bahwa ia tidak mendambakan surga serta tidak takut kalau dimasukkan neraka.

Rabi’ah dikenal sebagai hamba yang sangat patuh serta taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bahkan setiap hembusan nafasnya selalu diiringi dengan dzikir kepada Allah Subhanahu Wa Taa’ala.

Dalam urusan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, ia adalah orang yang sangat istiqomah, ketaatan yang begitu tinggi kepada Allah membuatnya dikenal sebagai waliyullah atau wali Allah.

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun Kabar Duka Datang dari Putri DAcademy 4 Indosiar

Video Tangis Dul Jaelani saat Konser Viral, Begini Respon Mulan Jameela Saat Melihat Dul Menangis

Ilustrasi
Ilustrasi ()
Halaman
1234
Penulis: ewis herwis
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved