Sumsel Maju

Wagub Mawardi: Pramuka Wadah untuk Membentuk Karakter Pemuda dan Pelajar Sumsel

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir H Mawardi Yahya mengatakan, organisasi Pramuka sangat penting untuk membentuk katakter pemuda dan pelajar.

Wagub Mawardi: Pramuka Wadah untuk Membentuk Karakter Pemuda dan Pelajar Sumsel
Humas Pemprov Sumsel
Wagub Sumsel Mawardi Yahya saat menghadiri acara pembukaan pembinaan pramuka Mahir tingkat dasar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan 

PALEMBANG - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ir H Mawardi Yahya mengatakan, organisasi Pramuka sangat penting sebagai salah satu wadah membentuk katakter pemuda dan pelajar Sumsel.

Hal ini dikatakannya saat menghadiri Pembukaan Pembinaan Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan di Gedung Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Kamis (31/1).

Agar visi misi Pramuka lebih maju ke depan, menurutnya perlu dipikirkan sedini mungkin pengembangannya sehingga Pemprov Sumsel dapat memberikan bantuan yang tepat.

Wagub Sumsel Mawardi Yahya saat menghadiri acara pramuka
Wagub Sumsel Mawardi Yahya saat menghadiri acara pramuka (Humas Pemprov Sumsel)

"Peran Pramuka sangat penting dalam mendidik, mengasah, mengasuh dan membina kepada karakter anak-anak generasi muda. Sebenarnya nama Pramuka Sumsel sudah cukup baik namun ada kekhawatiran akan menurun bila tidak Kita kembangkan lagi, saya harap ke depan ini supaya Pramuka di Sumsel ini agar kualitas keaktifannya ditingkatkan lagi, biar tak kalah dari provinsi lain di Indonesia," ungkapnya.

Kemudian ia juga mengajak seluruh keluarga Pramuka bisa menyamakan persepsi dan tujuan agar kedepannya bisa berkembang.

Untuk itu diapun mengajak agar organisasi ini mulai meninggalkan hal-hal berbau seremonial, dan lebih banyak kegiatan-kegiatan yang bisa bermanfaat.

Wagub Sumsel Mawardi Yahya saay menghadiri acara pramuka di Gedung Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Kamis (31/1).
Wagub Sumsel Mawardi Yahya saay menghadiri acara pramuka di Gedung Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, Kamis (31/1). (Humas Pemprov Sumsel)

Sementara itu Ketua kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel H. Mukti Sulaiman mengatakan bahwa ada beberapa perencanaan yang akan dilakukan oleh Pramuka untuk dapat meningkatkan kembali para siswa dan pemuda untuk dapat bisa mengikuti kegiatan Pramuka.

"Kami melakukan berapa diskusi ada point besar yang saya sampaikan, nantinya ada 30.000 pembina kita sebar yang nanti bertugas di sekolah untuk mendidik para siswa agar tahu apa itu Pramuka. Kalau sekolah tanpa pembinaan pendidikan pramuka dikhawatirkan hanya ada pelajar pakaian pramuka yang dipakai saat sekolah tapi tidak tau apa-apa tentang maknanya, namun hal ini kami meminta bantuan dukungan dari Pemprov Sumsel agar bisa terlaksana dengan baik," ujar Mukti.

Mukti menjelaskan bahwa Pramuka itu sejak dulu independen dan mengedepankan karakter, agama, dan tidak memandang ras manapun. Oleh karena itu dia berharap siapapun dapat bergabung dakan Pramuka agar bisa bersama-sama menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved