News Video Sripo

Video 43 Warga Binaan Lapas Pakjo Palembang Rekam E-KTP

Sejumlah pegawai dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, masuk ke Rumah Tahanan (Rutan) Pakjo Kelas 1 Palembang

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sejumlah pegawai dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, masuk ke Rumah Tahanan (Rutan) Pakjo Kelas 1 Palembang, Jumat (18/1/2019).

Tujuan pegawai Disdukcapil ini untuk melakukan perekaman elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) kepada 43 warga binaan di Rutan Pakjo Kelas 1 Palembang.

Program perekaman e-KTP yang menyasar kepada warga binaan ini merupakan program Nasional dari Kementerian Dalam Negeri diselenggarakan serentak se Indonesia selama 3 hari dari 17-18 dan 19 Januari 2019.

"Selama dua hari pelaksaan ini kita sudah melakukan perekaman e-KTP sebanyak 43 orang warga binaan," ungkap Sahlan Syamsu Kepala Bidang Pendataan Penduduk Dukcapil Kota Palembang, Jumat.

Selain itu, guna mensukseskan pemilu Baik Pileg dan Pilpres pihaknya juga bekerja sama dengan KPI, serta Bawaslu Kota Palembang dan Provinsi Sumsel untuk melakukan perekaman e-KTP kepada warga binaan.

Semua warga binaan baik napi narkoba serta kriminal mendapat pelayanan sama dan didata apakah yang bersangkutan telah memiliki e-KTP atau belum.

"Per tanggal 31 Desember 2018 kemarin sudah sebanyak warga Palembang berjumlah 1.194.441 orang dengan persentase 98 persen. Untuk melakukan kendaraan di Rutan Kelas 1 Palembang kita dibantu 12 orang personel," jelas dia.

"Tanggal 21 Desember 2018 kemarin kita sudah melakukan perekaman di Lapas Wanita dan selanjutnya akan melakukan perekaman di Panti Rehabilitasi serta RS lainnya untuk mendata disabilitas dan orang gila dengan bertahap," jelas dia menambahkan.

Kepala Rutan Pakjo Palembang Mardan mengatakan, dengan adanya program jemput bola dari Disdukcapil ini sangat membantu pihaknya dalam mendata warga binaannya yang belum melakukan perekaman e-KTP.

"Input atau pendapatan warga binaan ini berjumlah kurang lebih 1.000 orang dengan jumlah keseluruhan warga binaan 1.665 orang. Kami sangat berterima kasih kepada instansi terkait guna mensukseskan pemilu sehingga bisa berjalan lancar," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved