News Video Sripo

Video Kondisi Rumah Adat Kompleks Deskranasda Terbengkalai, 4 Tahun Uang Kas Kebersihan Kosong

Puluhan rumah adat dari berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) yang terletak di Komplek Dekranasda Palembang nampak kusam

Laporan Wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Puluhan rumah adat dari berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) yang terletak di Komplek Dekranasda Palembang nampak kusam dan tidak terawat, Rabu (16/1/2019).

Pantauan Sripoku.com dilapangan, Komplek Dekranasda yang berdiri di lahan seluas 16 Hektare ini memiliki 15 rumah adat dari kabupaten di Sumsel, seperti Kabupaten Ogan Ilir, Prabumulih, Muaraenim Musi Banyuasin hingga Kabupaten Muratara yang berdiri kokoh meski tanpa penghuni.

Dari keseluruhan rumah adat di Komplek Dekranasda Palembang ini hanya minus dari Kabupaten PALI dan OKU Timur.

Meski tidak dipungut biaya masuk, Rumah Adat Dekranasda Palembang nampak tidak ada satu pun pengunjung yang datang, mengingat lingkungan yang kusam dan suasana nampak mencekam, lantaran dipenuhi rerumputan serut serta pohon-pohon tinggi hingga menutupi pandangan.

"Sekarang pengunjungnya sepi karena mungkin memang kawasan Dekranasda Palembang tidak terawat selama empat tahun terakhir semenjak berakhirnya hiburan Taman Pelangi," ungkap Febri Bendahara Paguyuban Petugas Anjungan Pemerintah Kabupaten Kota (PPAPKK) selalu pengelola Dekranasda Palembang, Rabu.

Selain dipenuhi rumah adat, Dekranasda juga disediakan kolam tempat pemancingan. Hanya saja, pembangunanya tidak diselesaikan sehingga nampak tak terawat dan dipenuhi lumut dan rumput liar.

"Rumah adat Kabupaten itu ada juga yang berpenghuni dari petugas kabupaten masing-masing untuk menjaga barang berharga dari kabupaten tersebut agar tidak hilang," jelas dia.

Dirinya berharap adanya perhatian dari Pemerintah untuk mengembalikan fungsi rumah adat Dekranasda Palembang ini.

Dimana, pihaknya telah memiliki konsep seperti menjadikan Sport foto untuk Prawedding, namun terkendala dana karena tidak adanya perhatian dari pihak pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Reigan Riangga
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved