Berita Palembang

Kilas Balik Pembangunan Sumsel 2018, 70 Persen APBD Untuk Bangun Desa dan Pinggiran Kota

Di penghujung tahun 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencermati kinerja tahun 2018 agar tahun 2019 dapat mencapai lebih baik lagi.

Kilas Balik Pembangunan Sumsel 2018, 70 Persen APBD Untuk Bangun Desa dan Pinggiran Kota
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Kilas Balik Provinsi Sumsel tahun 2018 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Di penghujung tahun 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencermati kinerja tahun 2018 agar tahun 2019 dapat mencapai lebih baik lagi.

Pada tahun 2018, dikatakan Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengungkapkan capaian sejumlah indikator makro Sumsel lebih baik, meskipun ada juga yang belum baik.

Untuk capaian yang telah baik yakni, pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dibandingkan angka nasional, inflasi lebih rendah dari angka nasional, kemudian gini rasio lebih rendah dari angka nasional, serta tingkat pengangguran terbuka lebih rendah dari angka nasional.

Desa di Ogan Ilir Ini Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

Doa Ibu Ayu Ting Ting Ungkap Sosok Terbaik untuk Ayah Bilqis saat Cucunya Rayakan Ultah

Niat Mendahului, PNS BPN OKI Ini Malah Bertabrakan Dengan Mobil Truk hingga Akibatkan 3 Meninggal

Namun, ada juga beberapa indikator yang capaiannya yang belum baik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel tahun 2017 masih di bawah angka nasional dan masih ada 14 kabupaten/kota angka IPM dibawah nasional.

Lalu angka kemiskinan Sumsel di 2018 masih lebih tinggi dari nasional dan 16 Kabupaten/Kota punya angka kemiskinan masih diatas nasional.

"Saya contohkan, Muratara tingkat pertama angka kemiskinan tertinggi, disusul Kabupaten Lahat, Musi Banyuasin, dan Ogan Ilir. Angka kemiskinan Sumsel masih dua digit bahkan Sumsel masuk 13 besar secara nasional dan ini tugas bersama untuk kita semua memperbaiki itu ditahun mendatang," jelasnya, Jumat (28/12/2018)

Beredar Pengumuman Kelulusan CPNS Empatlawang, Begini Jawaban BKPSDM Empatlawang

Dihadapkan Pesta Diskon Akhir Tahun, Waspadai Sifat Boros, Ikuti Tips Berikut Agar Dompet Tak Bolong

Tidak Hanya Jaga Kondisi, Begini Kelakukan Striker Persib Ezechiel Isi Liburan Kompetisi

Lanjut Mawardi, untuk menyongsong tahun 2019 Pembangunan Sumsel bukan hanya dilaksanakan lebih baik lagi, Pembangunan Sumsel bukan hanya dilaksanakan di Pemprov namun juga dilakukan bersama-sama dengan Pemkab dan komponen masyarakat.

Untuk itu, program dan kegiatan tahun 2019 harus lebih terintegrasi, tepat lokasi dan sasaran. "Kita gerakkan seluruh sumber daya agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya dan Pak Gubernur fokus membangun Sumsel ini dari desa. Tahun depan 70 persen APBD dianggarkan ke desa dan pinggiran Sumsel," ujarnya.

Donat Tetap Renyah dan Lembut Walau Saat Dingin, Begini Caranya, Cukup Perhatikan 3 Hal Ini

Klaim Atasi Genangan Banjir Hanya 2 Jam, Optimalkan 21 Sistem Sungai

Klaim Atasi Genangan Banjir Hanya 2 Jam, Optimalkan 21 Sistem Sungai

Bersama dengan Herman Deru, Mawardi Yahya mengatakan sebagai wakil Gubernur Sumsel berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan untuk pemerataan pembangunan bagi semua masyarakat Sumsel. "Tahun 2019
Hampir Rp 2 Triliun dialokasikan pembangunan infrastruktur Sumsel, Rp 1,3 Triliun khusus untuk permeliharaan jalan Provinsi," ungkapnya.

Mawardi berharap, di masa kepimpinan HD dan dirinya dapat membawa Sumsel lebih maju dan menyelesaikan "PR" yang masih tersisa di tahun 2018.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved