News Video Sripo

Herman Deru Safari Jumat di Masjid Al-Ihsan,Masyarakat Bertemu Pemimpinnya Tanpa Batas

Safari Jumat menjadi agenda rutin Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) setiap Jumat mendatangi masjid-masjid yang tersebar di Kota Palembang

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Safari Jumat menjadi agenda rutin Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) setiap Jumat mendatangi masjid-masjid yang tersebar di Kota Palembang.

Kali ini HD menyempatkan diri untuk melaksanakan Salat Jumat berjamaah di Masjid Al-Ihsan Jalan Talang Keranggo Lr Darma Bakti Kel. 30 Ilir Kec. Ilir Barat ll Palembang, Jumat (21/12/2018).

Meski cuaca mendung dan gerimis sejak tadi pagi, tak mengurungkan niat orang nomor satu di Sumsel ini untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sembari berbaur mendengarkan keluh kesah warga setempat.

Setiba di masjid, HD yang mengenakan baju koko putih dan peci hitam ini tak sungkan berbaur bersama warga menuju tempat wudhu, warga dan tokoh masyarakat hingga anak-anak pun terlihat begitu antusias menyambut kedatangan mantan Bupati OKU Timur dua periode tersebut, terbukti jemaah Salat Jumat di masjid Al-Ihsan sesak hingga teras masjid pun terisi penuh.

Dalam sambutannya, HD mengatakan momen safari Jumat rutin dilakukan sejak dirinya menjabat sebagai Bupati OKU Timur dulu hingga sekarang menjadi Gubernur Sumsel.

Lanjut dia, dengan melalui momen safari Jumat selain menjalankan perintah Allah sebagai umat muslim ternyata dapat manfaat lain yakni bisa bersilahturahmi bertemu dengan masyarakat setempat.

"Saya datang ke masjid ini untuk ke 2 kalinya dan Alhamdulillah selain kita menjalankan Habluminallah, kita juga dapat habluminannas, kita juga bisa tahu melihat langsung bagaimana keadaan masyarakat, seperti di sini jemaah masjidnya ramai tapi kondisi masjidnya tidak bisa diperluas lagi, tentu ini menjadi PR kita semua juga pejabat setempat" Ujar Herman Deru.

 = = = = = = = =

Lebih jauh, HD mengatakan melalui safari Jumat ini pula terdapat nilai-nilai silahturrahmi yang selama ini diidamkan masyarakat yakni tanpa batas bisa bertemu dengan pemimpinnya.

Kedepan, Dia berharap momen Safari Jumat dan Salat Subuh Berjamaah seperti yang diterapkan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo bisa diikuti oleh semua pejabat setempat baik para RT, RW, Camat dan juga Lurah sehingga silahturrahmi bersama warga tetap terjalin dan penyelesaian masalah tidak hanya melalui cara-cara yang formal.

Lebih jauh, HD mengajak jemaah Salat Jumat untuk tetap menjaga kearifan lokal yang ada di kawasan 30 Ilir sebagai sentra pengrajin songket, "Orang tahunya pembuatan songket dari daerah ini, dan itu harus kita jaga dan lestarikan dan kawasan 30 Ilir bisa memperkenalkan budaya songket tersebut ke orang lokal maupun luar" ungkap HD.

Di akhir safari Jumat, HD menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid sebesar Rp 10 juta untuk pembangunan tempat wudhu, beduk dan fasilitas masjid lainnya.

Kemudian safari jumat diakhiri dengan jamuan makan siang bersama di salah satu rumah warga yang berada tepat di samping masjid Al-Ihsan.

Tonton Juga :

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved