Berita Palembang

HD: Kalau Gas Masuk Banyak Investor ke TAA, Menteri BUMN Restui PT Pusri Pindah ke TAA

Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM menyatakan Menteri BUMN Rini Soemarno sudah menyetujui PT Pusri bakal dipindahkan ke Tanjung Api Api.

HD: Kalau Gas Masuk Banyak Investor ke TAA, Menteri BUMN Restui PT Pusri Pindah ke TAA
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM menyatakan Menteri BUMN Rini Soemarno sudah menyetujui PT Pusri bakal dipindahkan ke Tanjung Api Api.

"PT Pusri sudah disetujui Menteri BUMN dan Menteri Kehutanan akan memberikan tanahnya di TAA bahwa PT Pusri pada saatnya akan dipindah ke TAA. Dan Ibu Rini (Menteri BUMN Rini Soemarno) sudah setuju," ungkap Herman Deru usai Rapat Paripurna LII (52) DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Gubernur Sumsel dan Ketua DPRD Provinsi Sumsel terhadap Rancangan Awal RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Gubernur Sumsel 2018-2023, Jumat (7/12/2018).

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menjelaskan hal ini ketika disinggung alasan mengapa pengembangan TAA tidak masuk dalam bahasan RPJMD.

"TAA kan memang sudah program dan sudah jalan. Jadi tinggal bagaimana KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) itu harus menjadi wilayah yang dapat mengekslarasi pembangunan di sekitarnya."

"Cuma kan permasalahnnya gak sederhana. Investasi mau masuk itu kalau ada pelabuhan, kalau ada bahan bakar, atau gas, atau listrik yang memadai. Listrik sudah ada, tinggal gas. Kalau gas sudah masuk saya yakin banyak yang masuk," jelas HD.

Seperti diketahui Gubernur Sumsel, Herman Deru dalam kunjungan kerjanya bulan lalu, menginstruksikan jajarannya terutama pengelola Pelabuhan TAA untuk segera menghidupkan kembali aktivitas pelabuhan yang berada 68 kilometer dari Kota Palembang.

"Yang penting jangan mubazir karena sudah berapa ratus miliar APBN yang masuk. Belum lagi ditambah gudang-gudang itu memakai APBD. Ini akan mubazir jika kita tidak punya keberanian. Terlepas dari persoalan KEK TAA pelabuhan ini juga saya yakin bisa mempercepat tumbuhnya KEK," kata HD waktu itu.

HD mengibaratkan upaya pengaktifan kembali pelabuhan ini seperti peribahasa tidak ada semut jika tidak ada gula.

"Istilahnya ini gula-gulanya dulu, kalau ini hidup investor akan datang sendiri," katanya.

Soal nanti ada pengembangannya ke Tanjung Carat, pemprov juga akan tetap mendukung penuh.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved