Berita Palembang

Targetkan Setiap Prodi Wajib Jurnal, Fakultas MIPA Unsri Gelar Konferensi Internasional

Capaian Universitas Sriwijaya (Unsri) untuk mengejar kampus World class University pada 2025 semakin gencar.

Targetkan Setiap Prodi Wajib Jurnal, Fakultas MIPA Unsri Gelar Konferensi Internasional
SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana pembukaan Sriwijaya International Conference on Basic and Applied Science di hotel Horison Ultima, Rabu (7/11/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Capaian Universitas Sriwijaya (Unsri) untuk mengejar kampus World class University pada 2025 semakin gencar. Jika sebelumnya ada Fakuktas Teknik yang sudah menggandeng negara luar untuk keterlibatan jurnal internasional, maka kali ini Fakultas MIPA juga melakukan hal serupa dengan menggelar Sriwijaya International Conference on Basic and Applied Science di hotel Horison Ultima Rabu (7/11/2018).

Rektor Unsri Prof Dr Ir H Aniss Saggaff MSCE mengatakan, selaku rektor dirinya sudah mengimbau dan meminta setiap fakultas melakukan kegiatan yang berbasis sains dan teknologi baik secara nasional maupun internasional. "Setiap fakultas minimal kita target dua kegiatan. Termasuk mengenai riset dan publikasi jurnal secara internasional," ujarnya.

Saat ini, sambungnya banyak dosen muda dan mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam riset tapi tidak memiliki wadah. "Konferensi ini bisa menjadi wadah para dosen bertukar pikiran dalam mempublish karya-karya yang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara," terangnya

Maka itu ia memastikan ke depan pihaknya akan membuat setiap Prodi itu punya jurnal sebab sudah banyak jurnal yang dihasilkan oleh para dosen. Bahkan beberapa waktu lalu Unsri mendpat enam penghargaan jural termasuk terindeks scopus. "Bukan hanya riset dasar tapi apliksinya juga. Sebenarnya riset dasar adalah ruhnya. Teknologi tak akan berkembang kalau riset dasarnya tak berkembang juga," ungkapnya.

Sementara Dekan MIPA Unsri Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan fakultas MIPA. Mengingat saat ini telah banyak karya yang dihasilkan dosen-dosen MIPA termasuk riset dan jurnal internasional. “Ini juga sebagai wadah ide-ide dari berbagai peneliti yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Jawa, Kalimantan, Gorontalo,” sambungnya.

Selain itu, saat ini ada enam jurusan yang ada di MIPA Unsri yakni Prodi Matematika, prodi Fisika, prodi Kimia, prodi Biologi, Farmasi dan Ilmu Kelautan. Untuk publikasi, ia mengaku telah banyak dihasilkan oleh para dosen jurusan Biologi, jurusan Kimia dan Matematika. “Bahkan ada dua jurusan yakni, Biologi dan Kimia yang publikasinya sudah terakreditasi nasional,” tegasnya.

Baca: Jadwal Pertandingan Pekan ke 12 Liga Inggris 2018, Derby Laga Dua Manchester Siap Tersaji

Baca: Murkanya Ruben Onsu Saat Tahu Alasan Roro Fitria Pakai Narkoba, Datangi Lapas Hingga Lakukan Ini

Penulis: Yuliani
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved