Berita Palembang

Astra Motor Sumsel Gelar Regional Technical Skill Contest 2018 untuk siswa SMK

Astra Motor Sumsel menggelar Technical Skill Contest For Technical High School atau Technical Kontes bagi Siswa Teknik

Astra Motor Sumsel Gelar Regional Technical Skill Contest 2018 untuk siswa SMK
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Salah seorang peserta kontes sedang dinilai pada ujian praktik yang digelar Astra Motor Sumsel pada Technical Skill Contest For Technical High School atau Technical Kontes bagi Siswa Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Astra Motor Plaju, Rabu (12/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Astra Motor Sumsel menggelar Technical Skill Contest For Technical High School atau Technical Kontes bagi Siswa Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di Astra Motor Plaju, 12-13 September 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan generasi muda yang berkualitas dan terampil di dunia kerja serta sebagai bentuk kepedulian Honda di dunia pendidikan.

Baca: Lowongan Kerja - Penerimaan CPNS Kabupaten Empatlawang, Paling Banyak Formasi Guru

Baca: Ngaku Hajar Hilda Vitria Ribuan Kali, Kris Hatta Disemprot Deddy Cobuzier hingga Dilaporkan Polisi

Memasuki pelaksanaan tahun ke-9, di Palembang kegiatan ini diikuti oleh 14 siswa kelas XII jurusan Teknik Sepeda Motor dari 14 sekolah binaan yang sebelumnya sudah melewati seleksi dari masing-masing sekolahnya untuk mengikuti kontes tingkat regional ini.

Dalam kontes ini materi yang diujikan kepada para peserta pada saat penyisihan meliputi ujian teori dan kerja bangku yang disesuaikan dengan kurikulum teknik sepeda motor yang diajarkan di setiap SMK TBSM Astra Honda.

Penilaian terbagi menjadi 3 kategori diantaranya teori, praktik meja dan maintenance job.

Manager Technical Service Departemen Achmad Wahyudi mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan skill siswa SMK Binaan Honda Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor di seluruh Sumatera Selatan sesuai dengan kebutuhan industri.

"Ajang Technical Contest for Technical High School ini diharapkan dapat menciptakan bibit unggul yang siap kerja khususnya Di industri otomotif," ujar Achmad Wahyudi, Rabu (12/9/2018).

Baca: Usai Beberkan Pernah Hajar Hilda Sampai Ribuan Kali, Kriss Hatta Buat Video Permintaan Maaf

Baca: Lama Dipendam, Akhirnya Ayu Ting Ting Jujur Ungkap Hubungannya dengan Raffi Ahmad hingga Nikah Lagi

Melalui kegiatan ini, nantinya 1 orang terbaik di kontes ini akan mewakili Sumatera Selatan di ajang Honda Technical Skill Contest for Technical High School tingkat Nasional di Jakarta pada Oktober mendatang.

Tri Iwantoro, Technical Trainning Instructur Astra Motor Sumsel mengatakan adapun yang diujikan materi pembelajaran sesuai kurikulum dan Silabus AHM.

"Sesuai kebutuhan industri. Buku pelajaran kompetensinya mekanik sepeda motor. Status mereka masih siswa. Teori dan praktek. Kontes ini sebagai parameter apa yang didapat di sekolah. Apabila mereka sudah bekerja melakukan sesuai dengan kepuasan pelanggan. Kalau tidak ada kompetensi akan sulit mencari mekanik yang handal. Apakah nanti mau di AHASS ataukah berwirausaha," terang Tri.

Baca: (FOTO) Kendaraan Mogok Sudah 2 Jam, Lalu Lintas di Jembatan Ampera Lumpuh Total

Dari kontes yang digelar ini akan iambil 1 orang untuk wakil Sumsel ke nasional 15-17 Oktober di AHM Jakarta. Ada sebulan untuk mengikuti TC.

"Mereka yang bawa nama Sumsel harus berprestasi. Juara nasional akan meningkatkan nama mutu sekolah. Siswanya sendiri akan mendapat beasiswa Politeknik Manufacturing Astra di Jakarta. Tiketnya cuma 1 untuk jadi juara," ujarnya.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved