Berita Palembang

KPU Palembang Tetapkan Harnojoyo-Fitri Agustinda Kembali Pimpin Wong Kito 5 Tahun ke Depan

Sidang Mahkamah Konstitusi sudah berlalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang telah menetapkan pasangan terpilih

KPU Palembang Tetapkan Harnojoyo-Fitri Agustinda Kembali Pimpin Wong Kito 5 Tahun ke Depan
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Wakil Walikota terpilih, Fitrianti agustinda saat bersalaman usai sidang Pleno Penetapan Walikota dan Wakil Walikota, Palembang 2018-2024, di Hotel Swarna Dwipa, Minggu (12/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Sidang Mahkamah Konstitusi sudah berlalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang telah menetapkan pasangan terpilih guna memimpin Kota Palembang selama lima tahun kedepan (2018-2023) dalam rapat Pleno penetapan Walikota dan Wakil walikota, di Hotel Swarna Dwipa, Minggu (12/8/2018).

Walikota terpilih Harnojoyo yang sebelumnya merupakan calon walikota Incumben mengaku sangat bersyukur dengan ketetapan hasil pilkada yang telah memiliki kekuatan hukum tersebut.

Menurutnya hasil pilkada serentak 27 Juni lalu tidak akan mengantarkannya kembali terpilih tanpa dukungan dari para pendukung dalam memenangkan dirinya bersama sang wakil Fitrianti Agustinda.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung kami atas kerja keras dalam pilkada Kota Palembang, dan kepada seluruh masyarakat Palembang yang telah memberikan amanah kepada kami. Doakan kami dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik,” ujar Harno saat diwawancarai.

Lanjutnya, ucapan terimakasih juga diucapkan kepada jajaran KPU dan pihak terkait, TNI-Polri yang selama proses pilkada berlangsung atau sejak pertama mendaftar hingga rapat pleno ini berlangsung, turut menjaga Pilkada adil, aman dan tentram.

“Terima kasih kepada KPU, jajaran TNi dan Polisi yang telah berhasil mewujudkan Pilkada Kota Palembang yang aman dan tentram,” bebernya.

Rapat pleno penetapan Walikota dan Wakil Walikota terpilih menegaskan terpilihnya Harno-Fitri. Komisioner KPU Palembang, Firamon Syakti mengungkapkan, penetapan kedua pasangan setelah melalui mekanisme cukup panjang, melalui dua kali sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca:

Bocor Video Dibalik Layar Saat Indonesia Menang Piala AFF U-16, Lihat Kelakuan Para Komentator!

Cek Kondisi Atlet di Palembang, CdM Kontingen Indonesia Berharap Cabor di Palembang Dulang Medali

"Berdasarkan perolehan suara pada pilkada Kota Palembang dimana pasangan calon nomor urut 1 Harnojoyo-Fitrianti Agustinda mendapatkan perolehan suara terbanyak. Dan berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan paslon nomor urut 2, maka dengan ini KPU Kota Palembang menetapkan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda sebagai Walikota dan Wakil Walikota Palembang terpilih," kata Firamon Syakhti.

Dengan ditetapkannya Harno-Fitri sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih, untuk selanjutnya KPU Kota Palembang akan segera megajukan permohonan pelantikan.

"Insya Allah besok, KPU akan mengirim surat permohonan proses pelantikan Walikota dan Wakil Walikota kepada DPRD Kota Palembang untuk segera diproses,” ujarnya.

Untuk diketahui Harno-Fitri dengan nomor urut 1 memenangi pilkada Kota Palembang dengan meraih suara sebanyak 351.240 suara. Disusul pasangan nomor 2, Sarimuda-Rozak sebanyak 286.027 suara.

Lalu pasangan nomor urut 3 Akbar-Hernoe sebanyak 28.921 suara dan terakhir pasangan nomor urut 4 Mularis Djahri-Syaidina Ali dengan 90.968 suara.

Sebelumnya juga, hasil penetapan KPU pada pleno 4 Juli digugat oleh paslon nomor urut 2 ke Mahkamah Konstitusi. Namun setelah melalui dua kali persidangan, penunjukan bukti-bukti dan sidang sela.

MK menolak gugatan tersebut akibat telah melalui ambang batas penetapan yakni selambat-lambatnya pada tanggal 7 Juli. Namun pihak penggugat baru memasukan gugatannya pada tanggal 9 Juli. (*)

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved