Berita Palembang

Modernisasi Penyelenggaraan Peradilan, Peradi Sumsel Sosialisasi Perma e-Court, Bisa Via Online

Ketua DPC Peradi Palembang Hj Nurmalah SH MH mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan untuk menggelar sosialisasi

Modernisasi Penyelenggaraan Peradilan, Peradi Sumsel Sosialisasi Perma e-Court, Bisa Via Online
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketum DPN Peradi Dr Fauzi Yusuf Hasibuan, SH MH didampingi Ketua DPC Peradi Palembang Hj Nurmalah SH MH, Ketua Bidang Pengangkatan Advokat Irwan Hadinata SH MH dan Sekjen Dewan Kehormatan Said Damanik SH MH menyerahkan cenderamata kepada Ketua PT Palembang Ohan Burhanudin Purwawangca SH MH. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hadiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Ketua DPC Peradi Palembang Hj Nurmalah SH MH mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan untuk menggelar sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung (Perma) e Court MA RI sehingga berperkara di Pengadilan bisa via Online nantinya.

"Perma itu menurut saya itu sangat baik dan saya sudah mengajukan secara lisan dengan beliau untuk melakukan sosialisasi kepada advokat Peradi se-Sumsel. Saya lagi cari tempat yang besar nanti memanggil nara sumbernya dari Pengadilan Tinggi," ungkap Hj Nurmalah SH MH usai menghadiri pelantikan 101 advokat baru DPC Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) Cabang Palembang di Hotel Aston Palembang, Kamis (2/8/2018).

Seiring berkembangnya era yang serba elektronik, Mahkmah Agung (MA) memberi kesempatan kepada pihak yang berperkara di pengadilan untuk dilakukan secara elektronik.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung No. 3 Tahun 2018 tentang Adminitrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Adapun Perma yang ditandatangani oleh Ketua MA Muhammad Hatta Ali pada 29 Maret 2018 ini merupakan bentuk keseriusan MA dalam merespon aspirasi masyarakat terkait modernisasi penyelenggaraan peradilan.

Perma Nomor 3 Tahun 2018 merupakan reformasi di bidang hukum acara dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Nantinya kita itu kan mendaftarkan perkara secara online, menjawab online. Semua itu dengan via email. Makanya kita minta sosialisasi e Court advokat itu. Harus terdaftar di Mahkamah Agung. Jadi kita tidak harus datang lagi replik, duplik. Kalau selama ini kan harus kesana. Tapi kalau sudah melalui online nanti, pada saat saksi menyampaikan bukti baru ke sidang," terang Nurmalah.

Sebanyak 101 advokat baru DPC Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) Cabang Palembang mengikuti sidang terbuka Pengadilan Tinggi Sumsel dengan acara pengambilan sumpah janji advokat di Hotel Aston Palembang, Kamis (2/8/2018).

"Yang diajukan itu 102 namun karena satu yang sakit jadi yang hadir diambil sumpah 101. Yang hadir fisik itu yang dinyatakan dilantik. Harapan kita untuk advokat baru semoga bisa berkompetisi di era sekarang ini bertindak sesuai aturan hukum dan aturan lode etik," kata Mala.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved