News Video Sripo

Penjual Telok Abang di Palembang Mulai Menjamur Jelang Perayaan HUT RI ke-73

Meski masih beberapa pekan lagi jelang hari kemerdekaan Indonesia ke 73 Tahun, namun di sejumlah ruas jalan proto

Laporan Wartawan sripoku.com,Rahmad Zilhakim

SRIPOKU.COM,PALEMBANG - - Telok abang sudah menjadi tradisi yang kerap kali meramaikan suasana 17 Agustus-an di Kota Palembang.

Meski masih beberapa pekan lagi jelang hari kemerdekaan Indonesia ke 73 Tahun, namun di sejumlah ruas jalan protokol di Palembang mulai menjamur pedagang musiman yang menjajakan miniatur kapal dan telok abang.

Menariknya, momen kemerdekaan tahun ini berbarengan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Sejumlah pedagang pun berharap momen ini bisa menjadi berkah bagi mereka.

Ria, pedagang telok abang di Jalan Merdeka Palembang mengungkapkan optimismenya jika dagangannya di musim ini bisa laris manis. Terlebih akan ada kegiatan Asian Games.

"Rencananya kalau Asian Games nanti, selain jualan di sini (Pasar-Red) maunya jualan di dekat Jakabaring juga dengan teman. Karena lokasi disana ramai," ujarnya, Selasa (31/7/2018)

Jika berkaca tahun lalu, di minggu pertama bulan Agustus, rata-rata dirinya mampu menjual 30-40 buah miniatur transportasi telok abang dalam satu hari dengan harga Rp 20.000 –Rp 35.000 persatuannya.

Namun, jumlah ini bisa bertambah jika sudah mendekati 17 Agustus ataupun pada 17 Agustus.

"Bisa lebih dari 50 buah perhari, Alhamdulillah, hasilnya lumayan bisa untuk putar modal lagi. Tahun ini harga jual naik Rp 5.000an karena harga telur naik," ujarnya.

Ria mengaku tak membuat langsung miniatur kapal telok abang tersebut, dirinya mengambil stok dagangan ke agen yang biasanya menjadi langganan ia berjualan.

Tak ketinggalan, kapal ini juga dibuat ornamen yang menarik seperti diberi warna merah putih ataupun warna batik. Dulunya, kapal-kapalan ini bukan terbuat dari kardus bekas, tetapi dari Styrofoam.

Penulis: Rahmad Zilhakim
Editor: Igun Bagus Saputra
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help