Berita PALI

Petugas dan Masyarakat Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di PALI

Selain dibombardir dari udara, kebakaran lahan gambut di Tempirai PALI juga ditaklukkan dari darat dengan menurunkan peralatan BPBD.

Petugas dan Masyarakat Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di PALI
IST/BPBD PALI
Suasana pemadaman kebakaran di lahan gambut perkebunan kelapa sawit PT Proteksindo, Desa Tempirai, Penukal Utara Kabupaten PALI. 

SRIPOKU.COM,PALI- Kebakaran terjadi di lahan gambut yang dikelola perkebunan kelapa sawit milik PT Proteksindo di Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Jumat (20/7) lalu.

Akibat kejadian itu, di sekitar lokasi kejadian timbul asap pekat.

Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI, Koramil 0404 Pendopo dan dari PT Proteksindo selama dua hari berturut-turut sibuk berjibaku menaklukan api.

Lokasi sulit di jangkau, BPBD PALI akhirnya meminta bantuan BPBD provinsi untuk menurunkan pesawat pemadaman dari udara atau water bombing.

Upaya tim gabungan akhirnya membuahkan hasil, pada Sabtu (21/7) malam api berhasil dipadamkan.

"Sekitar 69 kali penyiraman atau sekitar 4 ton air sekali penyiraman akhirnya titik api padam. Pemadaman dilakukan sejak pukul 08.30 (21/7) dan berhasil padam sekitar pukul 17.00 WIB, dengan menurunkan personil dari BPBD sebanyak 21orang, Koramil sebanyak satu orang, PT. Proteksindo 12 orang dan dari pemerintah desa satu orang," kata kepala BPBD PALI, Junaidi Anuar, Minggu (22/7).

Selain di bombardir dari udara, diakui Junaidi, pihaknya juga berusaha menaklukkan api dari darat dengan menurunkan peralatan yang dimiliki BPBD juga dibantu peralatan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut.

"Dua unit pompa air berkapasitas besar milik BPBD diturunkan serta satu unit perahu fiber dibantu 10 unit pompa air milik PT Proteksindo juga ikut membantu pemadaman dari darat," katanya.

Agar antisipasi kebakaran tak terulang, Juniadi memerintahkan perusahaan agar menyisir lokasi kebakaran pasca api padam serta pihak perusahaan agar rutin melakukan pengawasan di lahan yang dikelola perusahaan perkebunan sawit itu.

"Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, maka kami berkoordinasi dengan pihak PT Proteksindo untuk di sisir lagi. Dan jika api muncul lagi, kita sarankan agar secepatnya mengontak BPBD PALI untuk turun melakukan pemadaman kembali agar kebakaran tidak meluas," jelas Junaidi.

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved