Berita Palembang

Rail Clinic Kereta Api Siap Berikan Layanan Kesehatan Masyarakat Keramasan

Beberapa masyarakat Palembang ada yang tinggal di himpiran kota dan menempati rumah te pat di dekat kawasan arus lintas Kereta Api (KA).

Rail Clinic Kereta Api Siap Berikan Layanan Kesehatan Masyarakat Keramasan
SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Dokter memeriksa pasien di Rail Clinic milik PT. Kereta Api Indonesia Divre III, Kamis (19/7/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Beberapa masyarakat Palembang ada yang tinggal di himpiran kota dan menempati rumah te pat di dekat kawasan arus lintas Kereta Api (KA).

Karena itu, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang menggelar Bakti Sosial berupa periksa kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic di Stasiun Keramasan.

Rail Clinic yang digunakan berupa rail clinic generasi kedua yang merupakan rangkaian dari dua kereta retrofit atau Kereta Rel Diesel (KRD) yang telah di modifikasi seperti poliklinik berjalan, dimana masing-masing dilengkapi tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Kepala Divisi Regional III Palembang PT. KAI (Persero), Hendy Helmy mengatakan, Rail Clinic yang digunakan adalah generasi kedua dan dimodifikasi menjadi sebuah poliklinik berjalan, tentunya dengan fasilitas terbaik.

"Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic, adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama," jelas Hendy saat diwawancarai Sripoku.com, Kamis (19/7/2018).

Ia pun menjelaskan, Rail Clinic yang dimiliki PT. KAI (Persero) terbagi menjadi beberapa bagian yang lengkap, diantaranya monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin bagi ibu hamil.

"Untuk kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan."

Dokter memeriksa pasien di Rail Clinic milik PT. Kereta Api Indonesia Divre III, Kamis (19/7/2018).
Dokter memeriksa pasien di Rail Clinic milik PT. Kereta Api Indonesia Divre III, Kamis (19/7/2018). (SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN)

Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi sertaruang farmasi," ujar Hendy.

Selain itu, Rail Clinic generasi kedua ini sedikit berbeda dengan Rail Clinic generasi pertama.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help