Diskominfo dan Statsistik Latih 49 Admin PPID Pemkab Musirawas

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Musirawas melatih 49 orang admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dekomentasi (PPID)

Diskominfo dan Statsistik Latih 49 Admin PPID Pemkab Musirawas
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Diskominfo dan Statistik Pemkab Musirawas melatih 49 orang admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dekomentasi (PPID) Pembantu dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Musirawas. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Musirawas melatih 49 orang admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dekomentasi (PPID) Pembantu dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Musirawas.

Pelatihan ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat khususnya tentang keterbukaan informasi publik dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi dari pemerintah.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Pemkab Musirawas, Muhammad Rozak mengatakan, PPID merupakan aplikasi yang digunakan untuk permintaan informasi publik yang disampaikan pemohon kepada Organisasi Perangkat Daerah berdasarkan UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dikatakan, pelatihan aplikasi PPID ini diikuti oleh 14 Admin PPID tingkat Kecamatan dan 35 Admin PPID tingkat OPD di Lingkungan Kabupaten Musirawas.

"Tujuan pelatihan ini, untuk meningkatkan pemahaman sekaligus pentingnya pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi di masing-masing OPD dalam melakukan pelayanan informasi dan dokumentasi dengan menggunakan aplikasi PPID Kementerian Dalam Negeri," kata Muhammad Rozak, Senin (2/7/2018).

Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik, Indah Susanti, yang merupakan salah satu pemateri pelatihan PPID ini mengungkapkan, terbentuknya aplikasi PPID yaitu untuk membuka informasi publik.

Kemudian membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi secara baik dan efisien.

Selanjutnya menetapkan peraturan mengenai SOP layanan info publik, menetapkan dan memutakhirkan secara berkala seluruh info publik yang dikelola.

Lalu menunjuk dan mengangkat PPID utk melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta wewenangnya, menyediakan sarana dan prasarana layanan info publik termasuk situs resmi.

Dikatakan, Informasi publik terdiri dari informasi yang wajib disediakan dan diumumkan dan informasi rahasia. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan mencakup berkala, serta merta dan setiap saat. Sedangkan informasi rahasia mencakup negara, bisnis, pribadi dan jabatan.

"Dalam pelatihan itu menguraikan tentang tahapan didalam mengelola PPID hingga penyajian informasi kepada publik," kata Syarif Hidayat, pemateri lainnya yang juga merupakan salah satu admin PPID Pemkab Musirawas. 

Baca: KPU Kota Palembang Baru Terima 8 Kotak Suara, Tinggal 10 Kecamatan Lagi, Besok Terakhir!

Baca: Tak Hanya Bowo, Sampai Disebut Raja, Ternyata Lee Jong Suk Juga Gemar Buat Video Tik Tok

Baca: Tim Advokasi Minta Pemilihan Suara Ulang, Begini Kata Komisioner KPU Sumsel

Baca: Tim Advokasi Dodi-Giri Minta Pemilihan Suara Ulang, KPU Palembang: Tunggu Keputusan Bawaslu

Baca: Waduh, 5 Zodiak Ini Terkenal Miliki Sifat Serakah yang Berlebihan, Apakah Kamu Termasuk?

Baca: Ancam Pria Yang Sedang Bermain Warnet Pakai Parang, Warga Lubuklinggau Ini Ditangkap Polisi

Baca: Waduh, 5 Zodiak Ini Terkenal Miliki Sifat Serakah yang Berlebihan, Apakah Kamu Termasuk?

Baca: Terungkap, Inilah Alasan Lee Dong Wook & Bae Suzy Putus, Setelah 4 Bulan Pacaran

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved