Berita Muaraenim

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Muaraenim Tanam Pohon di Hutan H Kalamudin Djinap

Kita dihadapkan pada kenyataan lingkungan hidup yang telah rusak seperti lahan di sekitar kita terlihat gersang.

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Muaraenim Tanam Pohon di Hutan H Kalamudin Djinap
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018, Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sa'i Sohar bekerjasama PTBA, melakukan penanaman pohon di hutan H Kalamudin Djinap SH HM di Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, Kamis (7/6/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018, Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sa'i Sohar berkerjasama PTBA, melakukan penanaman pohon di hutan H Kalamudin Djinap SH HM di Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, Kamis (7/6/2018).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Muaraenim Muzakir, Sekda Muaraenim Hasanudin, GM UPTE PTBA Suhedi, Kepala BLH Muaraenim Kurmin, para pejabatan muspida dan muspika dan puluhan karyawan PTBA.

Menurut Bupati Muaraenim Muzakir, rusaknya sumber daya alam dan lingkungan akan sangat berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap keberlanjutan (sustainability) kehidupan seluruh makhluk di permukaan bumi saat ini.

Baca: Berikut 10 Momen Langka Di langit Yang Akan Terjadi Di Bulan Juni, No 8 Bisa Lihat Jupiter!

Kita dihadapkan pada kenyataan lingkungan hidup yang telah rusak seperti lahan di sekitar kita terlihat gersang.

Karena pembukaan lahan dan hutan banyak yang rusak, jika hujan menyebabkan bencana banjir, cuaca yang ekstrem, musim hujan dan kemarau yang tidak beraturan lagi, gagal panen, dan lain-lain, merupakan pertanda bahwa kondisi hutan dan lingkungan kita sudah mengalami degradasi.

Untuk itu, kata Muzakir, marilah bersama-sama mempunyai kewajiban menjaga kelestarian lingkungan yang merupakan titipan anak cucu kita.

Salah satu interaksi dengan alam sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan yang merupakan penyeimbang adanya pembukaan lahan dan upaya mengatasi global warming yang saat ini sudah kita rasakan.

Dan kegiatan penanaman di hutan H Kalamuddin Djinap SH MH ini merupakan rangkaian green minning PT Bukit Asam (persero) tbk dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2018 dengan melakukan aksi nyata terhadap lingkungan bagi perlindungan di bumi Serasan Sekundang.

Baca: MUI Minta Acara Dihentikan, Ini Sederet Teguran Pesbukers dari Zaman Olga Syahputra hingga Kini

"Sekali lagi saya minta agar kegiatan penghijauan dlrealisasikan melalui gerakan penanaman pohon penghijauan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dan mengajak seluruh komponen masyarakat agar berpartisipasi secara aktif dalam menjaga lingkungan disekitar kita," ujar Muzakir.

Sementara itu menurut GM UPTE PTBA Suhedi didampingi Manager Humas Efensi, bahwa PTBA melakukan penanaman secara bertahap di hutan H Kalamudin.

Untuk hari ini, kita melakukan penanaman 300 batang pohon endemik seperti merbau, tembesi dan gaharu.

Kedepan akan terus dilakukan penanaman dan pemeliharaan sehingga pohon yang telah ditanam tidak mati.

"Nanti hutan Kalamudin, selain akan menjadi paru-paru kota, juga akan menjadi hutan wisata dan hutan edukasi," ujar Suhedi.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help