Gunung Merapi Meletus

Gunung Merapi Meletus, Sejumlah Penerbangan dari Yogyakarta ke Palembang Tertunda

Garuda Indonesia akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan aktivitas Gunung Merapi tersebut

Gunung Merapi Meletus, Sejumlah Penerbangan dari Yogyakarta ke Palembang Tertunda
ist
Gunung Merapi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pasca operasional penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta ditutup pada Jumat (11/5/2018) siang, sejumlah jadwal penerbangan dari beberapa maskapai tanah air harus tertunda keberangkatannya, khususnya yang menuju ke Palembang

Hal ini pun dibenarkan oleh Darmando, Distrik Manajer Sriwijaya Air Group.

"Iya memang tertunda, tapi ini karena adanya peristiwa erupsi sehingga otoritas bandara melakukan penutupan."

"Namun sekarang, penumpang yang hendak menuju Palembang dan stay di bandara sudah siap berangkat, tadi sekitar pukul 14.35 dengan pesawat Boeing 737-500. Total 100 penumpang, sekitat pukul 17.00 nanti tiba," ujarnya.

Baca: Seorang Pendaki Rekam Detik-Detik Gunung Merapi Meletus, Hal Mengerikan Terjadi Saat Berlindung

Sedangkan untuk jumlah penumpang dengan rute Palembang-Yogjakarta berjumlah 103 penumpang.

Meski telah kembali dibuka pasca penutupan bandara berlokasi di Jalan Adisutjipto, Kabupaten Sleman, DIY, ini dimulai pada pukul 10.42 WIB tersebut, pihak maskapai tetap melakukan koordinasi dengan pihak otoritas bandara.

Jikalau kembali terjadi penutupan, maka NAM Air berencana memberikan alternatif penerbangan kepada penumpang melalui Solo.

"Nanti ke Jogjanya kita rencanakan akan disiapkan bis menuju Jogja. Namun sejauh ini, baru plan yang kita siapkan," ujarnya.

Baca: Gunung Merapi Meletus, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Ditutup

Sementara itu, Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Merapi pada pagi hari ini dan diterbitkannya “Notification to Airman/Notam” No. B3565/18 terkait penutupan Bandara Adisutjipto Yogyakarta, sejumlah penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Yogyakarta pada siang tadi dibatalkan.

Pembatalan penerbangan dari dan ke Yogyakarta tersebut sejalan komitmen perusahaan dalam mengedepankan aspek safety operasional penerbangan, khususnya mempertimbangkan sebaran abu vulkanik yang sangat beresiko terhadap keselamatan penerbangan.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help