Begini Asyiknya Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Beberapa bulan ke depan, musim mudik Lebaran akan segera tiba. Jutaan orang Indonesia akan berduyun-duyun meninggalkan kota besar menuju ke kampung

Begini Asyiknya Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi
https://otomotif.kompas.com/
Ilustrasi - Mudik Lebaran. (SHUTTERSTOCK) 

SRIPOKU.COM - Beberapa bulan ke depan, musim mudik Lebaran akan segera tiba. Jutaan orang Indonesia akan berduyun-duyun meninggalkan kota besar menuju ke kampung halaman masing-masing.

Berita Lainnya:  Lebaran Tahun Ini Tol Palindra sudah Bisa Digunakan untuk Akses Mudik dan Balik Lebaran

Meskipun hajatan tahunan ini baru akan dilaksanakan sekitar dua bulan lagi, persiapannya sudah bisa dilaksanakan jauh-jauh hari.

Pada dasarnya, hal pertama yang harus dipersiapkan oleh pemudik adalah menentukan jenis transportasi yang akan digunakan, apakah transportasi darat, laut, atau udara.

Menurut data Kementerian Perhubungan tahun 2017, jalur darat masih menjadi pilihan favorit para pemudik. Faktor utama yang membuat jalur darat disukai pemudik adalah banyaknya jenis transportasi yang bisa dipilih, seperti kereta api, bus, sepeda motor, atau mobil pribadi.

Dari keempat jenis transportasi darat tersebut, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mencatat, mobil pribadi memiliki grafik peningkatan tertinggi dari tahun sebelumnya, yakni sebanyak 13,92 persen.

Hal ini berbanding terbalik dengan pemudik yang menggunakan bus yang mengalami penurunan sebesar 2,11 persen dari tahun sebelumnya.

Meningkatnya penggunaan mobil pribadi saat musim mudik Lebaran memang sudah diprediksi oleh banyak pihak. Salah satu faktornya adalah semakin membaiknya infrastruktur penunjang, seperti jalan raya, jalan tol, dan jembatan.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih ekonomis dibanding menggunakan transportasi umum, apalagi jika pergi bersama keluarga.

Memang, menggunakan mobil pribadi bisa diartikan bahwa akan ada pengeluaran untuk membeli bahan bakar dan membayar biaya tol. Namun, total biaya yang dibutuhkan biasanya lebih sedikit dibandingkan total biaya tiket perjalanan seluruh keluarga bila menggunakan transportasi umum.

Ilustrasi mudik bersama keluarga.
Ilustrasi mudik bersama keluarga. (SHUTTERSTOCK)
Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved