Warga Bakung Tolak Pelebaran Jalan Khusus untuk Angkutan Batubara

"Kami mewakili warga Desa Bakung menolak keras pembangunan pelebaran jalan khusus pelebaran angkutan batubara," katanya.

Warga Bakung Tolak Pelebaran Jalan Khusus untuk Angkutan Batubara
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Suasana mediasi antara warga Desa Bakung dan pihak Dishub dan Dinas PU BM Pemrov Sumsel terkait warga Desa Bakung yang menolak pembangunan pelebaran jalan khusus angkutan batubara di Desa mereka. 

Laporan wartawan sriwijaya post, Beri Supriyadi

SRIPOKU.COM, INDRALAYA -- Warga yang bermukim di seputaran wilayah pembangunan kebun raya bogor di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI), menolak keras pembangunan pelebaran jalan khusus angkutan batubara yang melintasi Desa mereka.

Penolakan tersebut diutarakan langsung oleh Ust Abror selaku koordinator warga Desa Bakung saat menggelar dialog bersama yang melibatkan pihak terkait dalam hal ini perusahaan transportir angkutan batubara, Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel, Dishub Pemprov Sumsel, Asisten I Pemda Kabupaten OI serta Camat Indralaya Utara.

Kegiatan dialog berlangsung di aula serbaguna Kantor Camat Indralaya Utara, Rabu (11/4) pukul 11.00.

Menurut Abror, pembangunan pelebaran jalan khusus angkutan batubara di Desanya tentu akan sangat berdampak buruk bagi warga desa setempat.

Mengingat, dalam satu hari ada ratusan truk-truk angkutan batubara bertonase tinggi yang melintas sehingga menimbulkan dampak negatif seperti debu-debu jalanan yang mengganggu kesehatan warga sekitar.

Selain itu juga, banyak rumah-rumah warga di pinggiran trotoar jalan raya.

"Kami mewakili warga Desa Bakung menolak keras pembangunan pelebaran jalan khusus pelebaran angkutan batubara," katanya.

Seperti diketahui selama ini truk-truk angkutan batubara bertonase tinggi tetap berlalulalang melintasi jalan Provinsi yang ada di Desa Bakung sepanjang lebih dari 8 kilometer dan menyebabkan jalan-jalan Provinsi yang ada di Desa Bakung cepat mengalami kerusakan.

Sementara, pihak perusahaan angkutan batubara hanya berinisiatif membangun pelebaran jalan yang berada di sebelah jalan Provinsi.

Halaman
12
Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help