Dari Usia hingga Sakit Gigi, 7 Penyebab Klep Jantung Bocor

Kebocoran klep jantung terjadi ketika katup jantung tidak berfungsi dengan baik. Ketika katup tidak menutup seperti semula, aliran darah

Dari Usia hingga Sakit Gigi, 7 Penyebab Klep Jantung Bocor
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com, kebocoran klep jantung terjadi ketika katup jantung tidak berfungsi dengan baik. Ketika katup tidak menutup seperti semula, aliran darah ke seluruh tubuh berkurang.

Berita Lainnya:  Bocah Penderita jantung Bocor Dirujuk ke RSMH Palembang

Walaupun belakangan penyakit ini menjadi berita hangat karena terjadi pada Presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie, faktanya kebocoran klep jantung bisa terjadi pada semua usia bila disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Degeneratif

Kebocoran katup jantung saat dewasa bisa terjadi karena proses degeneratif yang tidak dicegah. Semakin tua, fungsi klep jantung kian menurun, kata Yoga Yuniadi, profesor aritmia sekaligus guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (6/3/2018).

2. Bawaan Lahir

Kebocoran katup jantung juga dialami bayi karena faktor kongenital (bawaan sejak lahir). Hal ini diungkapkan Rossana Barack, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit MMC, Jakarta kepada Kompas.com, Selasa (6/3/2018).

3. Rematik

Arieska Ann Soenarta, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, menambahkan, kebocoran klep jantung di negara berkembang biasanya disebabkan oleh rematik.

Oleh karena itu, para penderita rematik perlu mewaspadai apabila penyakit radang persendian tersebut disertai demam menggigil.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved