Tidak Tepat! Matikan AC Mobil Saat Berkendara di Tengah Kondisi Hujan

Sebagian pengendara mobil mungkin sering mematikan alat pengatur suhu atau air conditioner (AC) saat berkendara di tengah

Tidak Tepat! Matikan AC Mobil Saat Berkendara di Tengah Kondisi Hujan
www.hariandepok.com
AC Mobil. 

Jakarta - Sebagian pengendara mobil mungkin sering mematikan alat pengatur suhu atau air conditioner (AC) saat berkendara di tengah kondisi hujan. Tujuannya agar tidak kedinginan. Namun cara ini dinilai tidak tepat.

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian menyarankan agar AC tetap dinyalakan. Tujuannya agar kaca mobil tidak berembun. Sebab embun di kaca mobil dianggap bisa menggangu jarak pandang.

" AC mobil dalam keadaan hujan sebaiknya tetap dinyalakan. Kalau tidak akan berembun karena ada perbedaan suhu antara di dalam dengan luar kendaraan," kata Deni kepada Kompas.com, Senin (5/2/2018).

Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan
Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan. (bmwbmw.org)

Menurut Deni, embun yang muncul di kaca mobil disebabkan temperatur suhu di dalam kabin yang lebih hangat ketimbang di luar. Karena itu agar suhu di dalam kabin tetap lebih dingin, cara yang harua dilakukan adalah tetap menyalakan AC. Tentu saja tidak perlu sampai posisi full.

"Paling tidak suhunya harus lebih dingin di dalam kendaraan agar kaca tidak berembun," ujar Deni.

Penulis: Alsadad Rudi

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://otomotif.kompas.com/ dengan Judul:
Fungsi Lain AC Mobil saat Hujan

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help