SriwijayaPost/

Makanan Khas Sumsel Harus Kantongi Sertifikasi Halal Jika Mau Dikunjungi Tamu Asian Games

Sertifikasi halal ini merupakan salah satu lembar atau pengesahan yang mampu membuktikan kompetensi clan kualitas produk.

Makanan Khas Sumsel Harus Kantongi Sertifikasi Halal Jika Mau Dikunjungi Tamu Asian Games
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Direktur IKM Pangan Barang dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian Dr Ir Sudarto memberikan bantuan sertifikasi halal kepada pelaku UKM dan IKM di Palembang, Selasa (5/12/2017). 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Yandi Triansyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah memastikan wajib halal di tahun 2019.

Hal ini merujuk ketentuan UU No 33/2014, PP tentang jaminan produk halal.

Namun pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan terlebih dahulu menyiapkan lokasi makanan dan minuman halal pada pelaksanaan event Asian Games 2018 mendatang di Palembang.

Oleh karena itu pada Selasa (5/12/2017) di Hotel 101 di Jalan Rajawali pemerintah menyerahkan sebanyak 23 sertifikasi halal kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Direktur IKM Pangan Barang dari Kayu dan Furnitu Kementerian Perindustrian Dr Ir Sudarto mengatakan, pemerintah memastikan wajib halal di tahun 2019.

Kebijakan ini merupakan salah satu peluang ekonomi yang harus diambil oleh seluruh masyarakat dengan membuat produk makanan dan minuman yang aman dan nyaman untuk dikonsumsi.

Selain itu juga dalam rangka menyambut Asian Games 2018 Pemerintah Sumatera Selatan akan menggandeng para pelaku usaha UKM dan IKM Provinsi setempat pada pelaksanaan Asian Games 2018 nanti di Sumsel.

"Dalam hal ini Pemerintah perlu meningkatkan daya saing UKM dan IKM melalul kelembagaan dan kualitas produk Industri yang akan dipersiapkan untuk melayani kebutuhan tamu peserta Asian Games," katanya.

Terutama kata dia, dari segi makanan atau kuliner khas Sumatera Selatan, perlu mendapatkan jaminan halal, agar para tamu Asian Games tidak kuatir dalam mengkonsumsi makanan khas tersebut.

Menurut dia sertifikasi halal ini merupakan salah satu lembar atau pengesahan yang mampu membuktikan kompetensi clan kualitas produk.

Maka menjadi kebutuhan penting bagi IKM untuk dapat memiliki sertifikat halal agar produk yang dihasilkan memiliki nilai lebih dan dapat.

"Meningkatkan daya saing produk industri Kecil dan Menengah (IKM) di Sumatera Selatan," katanya.

Apalagi kesadaran masyarakat terhadap suatu yang halal terus meningkat.
Pemahaman halangan tidak hanya makanan dan mlnuman untuk dikonsumsi, tapi menyangkut wisata halal, fashion halal, kosmetika halal dan lainnya.

"Halal dalam kehidupan masyarakat menjadi trend dan kebutuhan. Kawasan industri halal di Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena seiring jumlah penduduk," katanya.

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help