Dua Kecamatan Baru Tunggu Kode Wilayah

"Kemungkinan peresmian akan dilakukan pada Juli mendatang, kecamatan Jakabaring dan Ilir Timur III akan segera diresmikan,"

Dua Kecamatan Baru Tunggu Kode Wilayah
ist
ilustrasi pemekaran daerah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Peresmian dua kecamatan baru di Palembang masih menunngu surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Meskipun demikian, Pemerintah Kota Palembang sudah mempersiapkan semuannya, mulai dari camat hingga perangkat pendukung lainnya.

Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Palembang, Herly Kurniawan, kesiapan kecamatan pemekaran ini dianggap sudah matang. Bahkan, pihaknya sudah mempersiapkan camat hingga perangkat lainnya yang akan menjalankan roda pemerintahan kecamatan.

"Kemungkinan peresmian akan dilakukan pada Juli mendatang, kecamatan Jakabaring dan Ilir Timur III akan segera diresmikan. Sebab, hal ini berkaitan dengan persiapan menyambut Asian Games terutama untuk Kecamatan Jakabaring. Sementara paparan sudah dilakukan pemkot dan tinjauan oleh pihak Kemendagri telah dilakukan beberapa bulan lalu. Kami masih menunggu kode wilayah dari Mendagri," ujarnya.

Herly mengatakan, selain menyiapkan SDM untuk dua kecamatan baru tersebut, pihaknya juga menyiapkan kantor kecamatan. Untuk kantor kecamatan IT III sudah disiapkan kantor yang dulunya dipakai untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) tunanetra. Sedangkan Kantor Kecamatan Jakabaring direncanakan di Komplek OPI. "Untuk operasional kedua kecamatan sudah dianggarkan oleh pemerintah," ujarnya.

Pembagian kelurahan setiap kecamatan sudah dilakukan. Setelah dilakukan pemekaran Kecamatan SU I hanya akan membawahi Kelurahan 1 Ulu, 2Ulu, 3-4 Ulu, 5 Ulu dan 7 Ulu. Sementara lima kelurahan lainnya yakni Kelurahan 8 Ulu, Silaberanti, Tuan Kentang, dan 15 Ulu dan 9-10 Ulu masuk ke Kecamatan Jakabaring.

Sementara itu, Kecamatan IT III membawahi enam kelurahan yakni kelurahan 8 Ilir, 9 Ilir, 10 Ilir, 11 Ilir, Kuto Batu dan Kelurahan Duku. Selanjutnya sisanya IT II membawahi enam kelurahan lainnya, seperti Kelurahan 1 Ilir, 2 Ilir, 3 Ilir, 5 Ilir, Sungai Buah dan Lawang Kidul.

"Semua prosedur sudah memenuhi kreteria, termasuk luasan wilayah kecamatan baru yang minimal 7 Kilo Meter Persegi (Km²). Untuk Kecamatan IT III seluas 7,87 Km² dan Kecamatan Jakabaring 13,86 Km²," ujarnya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, setelah mendapatkan SK Kemedagri, pemkot akan langsung meresmikan kecamatan tersebut. Ia meyakini, proses persetujuan dari kementerian tak lama lagi akan didapatkan pemkot. "Semoga secepatnya, nantinya akan berbarengan dengan launching pelaksanaan pencetakan e-KTP di setiap kecamatan," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved