Kanal

Dishub Sumsel Batasi Jam Operasional Truk Batubara Melintas Selama Asian Games 2018

Truk Batubara Tetap nekat melintas di kawasan Musi II Palembang. Foto diambil beberapa waktu lalu. - SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Tak hanya melarang beroperasionalnya bus kota selama Asian Games 2018 berlangsung, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel juga membatasi jam operasional angkutan batubara. Dimana pembatasan aturan waktu perlintasan mulai pukul 05.00 sampai 23.00.

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Junaidi mengatakan, Aturan tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk memperlancar jalanya even internasional Asian Games 2018 di Palembang.

"Pembatasan angkutan truk batubara ini hanya diberlakukan di dalam Kota Palembang. Artinya hanya untuk perlintasan dalam kota saja, bukan berarti harus berhenti operasionalnya," ujarnya, Senin (27/8/2018).

Lanjut Junaidi, Kebijakan tersebut, pada dasarnya untuk menekan potensi kemacetan di Kota Palembang selama gelaran Asian Games berlangsung. Mengingat banyak tamu-tamu dari luar daerah yang datang ke Palembang.

Baca: Tertarik Beli Jam Tangan via Online, Mahasiswa di Palembang Ini Jadi Korban Penipuan

Baca: Ditinggal Mahasiswa yang Ngekos di Rumahnya, Fasilitas Kostan di Palembang Ini Digondol Maling

"Untuk itu, kami harap kebijakan ini dapat dipatuhi. Sebab ini tidak hanya untuk citra Kota Palembang saja, tapi juga Indonesia di mata dunia," jelasnya.

Tak hanya angkutan batubara saja, dalam aturan tersebut juga mengatur mengenai pengalihan arus untuk angkutan berat lainya, di luar bus penumpang.

Yakni, kendaraan bermuatan berat dari Sumatera ke Pulau Jawa atau sebaliknya yang selama ini menggunakan Jalan Lintas Timur (Jalintim) atau melalui jalur Kota Palembang sementara waktu dialihkan melalui jalur Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinteng).

"Kalau nantinya masih ada didapati pelanggaran, maka akan dilakukan sanksi berupa penilangan,"tutupnya.(*)

Penulis: Rahmaliyah
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post

Berita Populer