Kanal

Lulusan SMK Semakin Mudah Cari Kerja, Disdik Sumsel Buat Job Matching, Begini Caranya

Para alumni SMK saat mencoba aplikasi Top Career untuk mencari kerja, Senin (23/7/2018). - SRIPOKU.COM/YULIANI

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kini lulusan SMK semakin leluasa dalam mencari kerja. Sebab Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel melalui Bidang SMK melakukan terobosan baru yakni membuka Job Matching bagi lulusan SMK di Sumsel.

Tentu saja dengan bekerjasama Line Jobs dan Top Career, hal ini dilakukan guna menciptakan lulusan SMK yang langsung terserap dalam dunia industri (dudi).

Dengan adanya Line Jobs dan Top Career ini para lulusan SMK di Sumsel tidak perlu lagi melamar kerja dengan membawa map dan berkas, cukup melakukan input data melalui online di website www.smk.topkarir.com. Kegiatan sendiri dilaksanakan selama enam hari, yakni mulai tanggal 23-28 Juli 2018.

Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel, Erlina mengatakan, jobs matching ini sesuai dengan zaman now, diperuntukan untuk mereka yang lulusan SMK. Jadi mereka cukup input data mereka sesuai dengan kompetensi.

"Perusahaan yang ada di Line Jobs dan Top Career tersebar di seluruh Indonesia. Yang tadi tidak dapat kerja di Sumsel, dengan adanya ini bisa bekerja di kota lain, artinya ruang lingkupnya besar," ujar Erlina di sela kegiatan Jobs Matching di SMK Negeri 4 Palembang, Senin (23/7/2018).

Ia menambahkan, dengan sistem online seperti ini, pihaknya juga membantu perusahaan dengan mudah untuk mencari data para tenaga kerja.

"Jobs Matching ini dilakukan serentak di 47 kota di Indonesia. Mudah-mudahan dengan sistem online ini kita juga membantu perusahaan untuk mempermudah mencari tenaga kerja yang sudah ada database," jelasnya.

Senada dengan hal itu, Kepala SMK Negeri 4 Palembang, Ramot Siahaan mengungkapkan, yang mengikuti jobs matching ini tidak hanya lulusan SMKN 4 saja, namun pihaknya juga mengundang seluruh SMK Negeri se-Sumsel dan para alumni SMK.

"Ini baru tahun pertama kita adakan secara online dan lebih praktis. Selama ini kita mengundang perusahaan untuk ke sekolah, seperti job fair," terangnya.

Ia menjelaskan, sistem jobs matching ini para tenaga kerja melakukan input data secara online ke perusahaan yang dituju dengan kompetensi masing-masing. Setelah itu perusahaan sendiri yang akan menyeleksi setiap tenaga kerja.

"Selama ini lulusan SMKN 4 Palembang terserap keperusahaan yang sudah merupakan rekanan kita selama ini, seperti Honda dan MDP," jelasnya.

Sementara itu, Lead Line Jobs, Mira Fariza mengatakan, perusahaan yang tergabung dalam Line Jobs sebanyak 10 ribu job portal (perusahaan) dan 12 ribu lowongan.

Line Jobs sendiri merupakan partner Top Karir dari Direktorat SMK. Dimana pihaknya hanya memantau untuk sebagai perpanjangan tangan SMK

"Jadi target kita pengguna Line itu lebih, sembari chatting bisa juga buka lowongan kerja official acount di Line," ungkapnya.

Baca: Terkait Hasil Pilkada Pagaralam, KPU Tunggu Surat dari MK

Baca: Smartphone Android lebih Rawan Rusak daripada iPhone, Benarkah Model Ini Paling Banyak?

Baca: Kunjungan DPRD Sumsel, Pemkab Muaraenim Curhat Soal Hutang Pemrov Sumsel Rp 85 Miliar

Baca: Polresta Palembang Gelar Operasi Pekat, 13 Pasang Remaja Terjaring di Kamar Penginapan

Baca: Peredaran Narkoba di Muba Mengkhawatirkan, Ini Upaya Pencegahan yang Dilakukan Kejari Muba

Baca: Operasional Terbatas LRT Sampai 31 Juli, 2 Stasiun Ini yang Dibuka, Bandara-OPI Mall Cuma 60 Menit

Baca: Pasal Utang, Sopir Bentor di Tanjung Raja Dibacok dan Ditikam Rekan Seprofesinya

Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post

Berita Populer