Berita Pali

Sagarurung Festival Perdana di PALI, Pecahkan Rekor Baru Manggang dan Makan 2022 Ekor Ikan Asap

Sebanyak 26 pelaku UMKM Sagarurung dilibatkan dalam pemecahan rekor manggang dan makan ikan jenis nila, patin dan lele tersebut.

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Ahmad Farozi
reigan/sripoku.com
Pemkab PALI melalui Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menorehkan rekor dengan manggang dan makan ikan asap bumbu Sagarurung PALI terbanyak, berjumlah total 2022 ekor. 

SRIPOKU.COM, PALI - Pemkab PALI melalui Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menorehkan rekor dengan manggang dan makan ikan asap bumbu Sagarurung PALI terbanyak, berjumlah total 2022 ekor.

Sebanyak 26 pelaku UMKM Sagarurung dilibatkan dalam pemecahan rekor manggang dan makan ikan jenis nila, patin dan lele tersebut.

Pemecahan rekor pertama dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) ini diberikan langsung Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka kepada Bupati PALI, Heri Amalindo.

Bertempat di Sanggar Pramuka Komplek Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi PALI, Senin (12/12/2022).

Paulus Pangka mengatakan, ini merupakan ide kreatif dan inovatif. Dimana Menteri Pariwisata mengatakan, wisatawan berkunjung ke suatu daerah tak hanya ingin melihat pemandangan, tapi juga berwisata kuliner.

Menurutnya, banyak masyarakat luar yang ingin merasakan ikan Segarurung.

"Ini merupakan salah satu cara melestarikan peninggalan nenek moyang kita," ungkap Paulus Pangka.

Dijelaskan, ketentuan Leprid tak hanya dari jumlah, namun juga tekstur makanan yang tak terbuang.

"Kemudian makanan Sagarurung harus Standar Nasional Indonesia dengan mengutamakan kesehatan," ujarnya.

Bupati PALI, Heri Amalindo mengatakan, dengan telah diselenggarakannya kegiatan tersebut diharapkan kedepannya akan ada festival lanjutan.

"Cara masak Sagarurung cukup sulit karena khas daerah, harus dengan areng dari batok kelapa. Sehingga bumbu bisa meresap seutuhnya," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved