Tutorial

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kita Lupa Jadwal Minum Obat Padahal Sedang Sakit ?

Dokter bahkan akan mengatur jadwal minum obat, dosis obat sampai jumlah obat yang harus dikonsumsi agar pasien segera sehat.

IST/NET
FOTO ILUSTRASI -- Lupa Jadwal Minum Obat, Apa yang Harus Dilakukan ? 

SRIPOKU.COM -- Mengkonsumsi obat adalah salah satu cara yang dilakukan seseornag jika mengalami masalah kesehatan atau sedang dalam masa penyembuhan.

Konsumsi obat ini sendiri juga diatur sedimikian rupa oleh dokter agar pasien yang mengkonsumsinya dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Dokter bahkan akan mengatur jadwal minum obat, dosis obat sampai jumlah obat yang harus dikonsumsi agar pasien segera sehat.

Namun, dalam praktiknya, tidak jarang mereka lupa minum obat.

Dikutip dari Best Life, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyatakan bahwa lupa minum obat bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh, yakni munculnya komplikasi penyakit.

Di sisi lain, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa kebiasaan lupa minum obat mengakibatkan kegagalan pengobatan penyakit kronis sebanyak 30-50 persen.

Bahkan, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kematian.

Lantas, apa yang harus dilakukan bila lupa minum obat?

===

Yang dilakukan ketika lupa minum obat

Masih dari sumber yang sama, Manajer Senior di Grup Informasi Obat Konsumen di First Databank, Inc, Thomas So mengatakan bahwa ketika Anda lupa minum satu-satunya obat yang harus dikonsumsi, maka segeralah untuk mengonsumsinya.

"Katakanlah jika Anda menyadari bahwa Anda melewatkan satu dosis, dan itu satu-satunya dosis yang dijadwalkan untuk hari itu, Anda dapat memperbaiki kesalahan itu dengan meminum obat segera setelah mengingatnya," kata Thomas.

Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi obat dengan dosis beberapa kali dalam sehari, dan Anda baru mengingatnya ketika mendekati waktu dosis berikutnya, Thomas menyarankan agar Anda tidak meminum obat itu.

"Namun, jika Anda minum obat beberapa kali sehari dan mendekati waktu dosis berikutnya, sebaiknya lewati dosis yang terlewat dan minum dosis berikutnya di waktu biasa," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved