Daftar 10 Negara Paling Korup dan Bebas Korupsi di Dunia, Berapa Peringkat Indonesia ?

Bahkan di beberapa negara, korupsi seolah menjelam menjadi budaya yang sudah berjalan bertahun-tahun dan sangat sulit untuk diberantas.

istimewa
FOTO ILUSTRASI - Masuk peringkat berapakah Indonesia dalam daftar negara paling korup di dunia ? 

SRIPOKU.COM -- Salah satu masalah yangkerap dihadapi sebagian besar negara di dunia adalah masalah korupsi.

Tidak jarang, masalah korupsi menjadi hal yang sangat sulit untuk diberantas di bebeapa negara, bahkan yang sudah meneapkan aturan dan hukuman khusus untuk masalah ini.

Bahkan di beberapa negara, korupsi seolah menjelam menjadi budaya yang sudah berjalan bertahun-tahun dan sangat sulit untuk diberantas.

Dilansir dari laman PBB, korupsi adalah fenomena sosial, politik, dan ekonomi yang kompleks serta terjadi di semua negara.

Praktik korupsi menimbulkan dampak negatif, seperti mampu merusak institusi demokrasi, memperlambat pembangunan ekonomi, dan berkontribusi pada ketidakstabilan pemerintahan.

Organisasi non pemerintah, Transparency International yang berbasis di Jerman, mendefinisikan korupsi sebagai penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi.

Lantas, mana negara paling korup di dunia?

===

Negara paling korup di dunia

Mengacu pada pemeringkatan Negara Terbaik 2022 dari US News (27/9/2022), negara paling korup di dunia adalah Rusia.

Hasil data tersebut berasal dari survei persepsi yang melibatkan 85 negara dengan lebih dari 17.000 orang di seluruh dunia.

Dalam survei, responden menggambarkan negara mana yang mereka kaitkan dengan istilah "korup".

Adapun definisi korup dibiarkan terbuka sesuai dengan interpretasi mereka sendiri.

Persepsi ini menjadi faktor dalam subperingkat US News tentang negara-negara yang dianggap terbuka untuk bisnis, serta peringkat negara terbaik secara keseluruhan dan daftar negara terbaik untuk berinvestasi, negara terbaik untuk kantor pusat perusahaan, dan negara paling transparan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved