Kabar Malam Ini, 2 Kapal Roro Saling Tabrak di Selat Bangka, MV Serasi 1 Tenggelam, Posisi Nungging

Saat posisi kapal sudah menungging, awak kapal berusaha menyelamatkan diri menggunakan lifecraft

Editor: Wiedarto
(Dok. SAR Pangkalpinang.)
Dokumentasi Kapal Roro MV Serasi 1. 


SRIPOKU.COM, BANGKA--Kapal roro atau kapal penyeberangan MV Serasi 1 tenggelam usai bertabrakan dengan kapal MV Batanghari Mas saat melintasi Selat Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (1/12/2022) dini hari.

Akibatnya lambung kapal MV Serasi I bocor dan dibanjiri air laut. Saat ini kondisi kapal MV Serasi 1 tenggelam dengan posisi menungging. Informasi adanya kecelakaan laut pertama kali disampakan manajemen MV Serasi 1 pada pukul 02.20 WIB yang langsung direspons petugas dengan mengirim tim penyelamat ke wilayah Bangka Barat.


Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan, MV Serasi 1 melayani rute Patimban-Belawan.

Kapal itu dilaporkan kemasukan air sehingga posisinya menjadi miring (menungging). "Kapal sudah kemasukkan air selanjutnya capt kapal berencana mengandaskan kapal tersebut," ujar Oka dalam keterangan tertulisnya, Kamis pagi.

 

Saat posisi kapal sudah menungging, awak kapal berusaha menyelamatkan diri menggunakan lifecraft. "Ada 17 awak kapal termasuk kapten kondisinya selamat," ujar Oka.

Seluruh awak MV Serasi 1 kemudian dievakuasi oleh KM Lotus. Mereka dibawa menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat. Sejauh ini belum dilaporkan apa saja muatan dalam Kapal MV Serasi 1.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved