Sudah Dimulai untuk Lansia, Kapan Masyarakat Umum Bisa Menerima Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua ?

Juru bicara Covid-19 Kemenkes, M. Syahril menuturkan, hingga saat ini belum ada kebijakan vaksin booster dosis kedua untuk masyarakat umum.

IST/NET
FOTO ILUSTRASI - Danramil 418-07/Sukarami Mayor Inf Al Kahfi saat meninjau vaksinasi tim mobile RS AK Gani beberapa waktu yang lalu. 

SRIPOKU.COM -- Pemberian vaksinasi Covid-19 booster kedua untuk masyarakat lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun akhirnya resmi diizinkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Aturan mengenai vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi kelompok lansia ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/5565/2022.

Menurut informasi dari situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, kebijakan vasksinasi Covid-19 booster kedua ini sudah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada 22 November 2022.

Jika vaksinasi Covid-19 booster kedua sudah diizinkan untuk lansia, kapan masyarakat umum bisa menerima booster ini ?

===

Penjelasan Kemenkes

Juru bicara Covid-19 Kemenkes, M. Syahril menuturkan, hingga saat ini belum ada kebijakan vaksin booster dosis kedua untuk masyarakat umum.

Saat ini, kata Syahril, vaksin booster dosis kedua masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan lansia.

"(Masyarakat umum) belum dulu. Kita masih memprioritaskan cakupan booster 1 untuk masyarakat umum," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (24/11/2022).

===

Tujuan pemberian vaksin booster dosis kedua

Syahril pada laman sehatnegeriku.kemkes.go.id mengatakan, tujuan pemberian vaksin booster dosis kedua untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kelompok rentan.

Selain itu, untuk mengurangi tingkat keparahan hingga kematian akibat Covid-19.

Adanya SE Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong pemerintah daerah dan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) penyelenggara vaksinasi untuk melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi lansia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved