Breaking News:

adv

Dukung SDGs Lewat Pemberdayaan Perempuan, Kilang Pertamina Plaju Sabet Penghargaan ISDA 2022

"Agenda besarnya program ini bisa menjadi salah satu program yang bisa dirasakan bagi masyarakat Palembang," jelas Rachmi.

Editor: Ahmad Farozi
dok
Atas kreativitas yang ditorehkan secara kolaboratif bersama kelompok masyarakat disekitar perusahaan, Kilang Pertamina Plaju berhasil meraih penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (KPI RU) III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) terus meneguhkan komitmen sebagai perusahaan yang mendukung penuh implementasi Sustainable Development Goals (SDGs).

Lewat berbagai program Corporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (CSR/TJSL).

Atas kreativitas yang ditorehkan secara kolaboratif bersama kelompok masyarakat disekitar perusahaan, Kilang Pertamina Plaju berhasil meraih penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022.

Kegiatan digelar Corporate Forum for Community Development (CFCD).

Penghargaan kategori Gold untuk program PATRA Academy ini diserahkan langsung kepada Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (23/11/2022).

Rachmi mengatakan, PATRA Academy merupakan program peningkatan kapasitas masyarakat PATRA Academy rentan melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan formal maupun non formal.

Yang berbasis keahlian atau kejuruan untuk membantu masyarakat memperoleh pekerjaan atau penghasilan.

Dalam program ini terdapat program yang difokuskan untuk Pemberdayaan Perempuan, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan dan Pendidikan Anak Sekolah.

Program PATRA Academy ini turut mendukung implementasi SDGs kelima.

Yakni mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan, khususnya pada poin 5.a.

Yakni melakukan reformasi untuk memberi hak yang sama kepada perempuan terhadap sumber daya ekonomi.

"Lewat program PATRA Academy kami berkomitmen untuk dapat memberikan harapan baru bagi masyarakat yang sering kali menjadi kelompok yang terpinggirkan, dan mewujudkan kesetaraan gender serta memberdayakan kaum perempuan," katanya.

Sementara itu, bagi siswa sekolah dihadirkan program Sitangkas Cindo (Siap Tanggap Kebencanaan Sekolah dan Cinta Ikan Belida) yang menjadi telah disahkan Dinas Pendidikan Kota Palembang sebagai kurikulum pembelajaran bagi 21 Sekolah Dasar (SD) di wilayah kecamatan Plaju.

Selain itu, ada pula program Sanitary Camp yang diintegrasikan untuk pembelajaran di lembaga pendidikan siswa prasekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ummi Rodiah di Kelurahan Plaju Ulu.

"Kewaspadaan bencana seperti banjir dan kebakaran sudah harus ditanamkan sejak dini. Begitu pula dengan kesadaran melestarikan satwa langka asli Palembang yakni ikan belida," ujar Rachmi.

Menurut Rachmi, penghargaan dengan kategori tertinggi ini menjadi pemicu semangat bagi perusahaan untuk meningkatkan kontribusi yang besar bagi lingkungan sekitar operasional kilang.

Apalagi, program yang telah dijalankan sejak 2021 ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi pemberdayaan masyarakat mulai dari pertanian keterampilan, pemberian modal usaha, pendampingan usaha dan advokasi.

PATRA Academy juga direncanakan menjadi program yang memiliki prinsip keberlanjutan (sustainability) hingga beberapa tahun ke depan. Tujuannya agar tidak hanya masyarakat sekitar kilang saja yang saja yang dapat merasakan manfaat program.

"Agenda besarnya program ini bisa menjadi salah satu program yang bisa dirasakan bagi masyarakat Palembang," jelas Rachmi.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved