Berita Viral

Sosok "Mas" Danang Penemu Resep Mi Instan, Teh, dan Kopi Sehat yang Paling Dicari di Media Sosial

Media sosial Twitter kembali digemparkan dengan bocoran resep rahasia ala pedagang, pada Selasa (1/11/2022)

Editor: Wiedarto
ist
Ilustrasi mi instan. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Media sosial Twitter kembali digemparkan dengan bocoran resep rahasia ala pedagang, pada Selasa (1/11/2022). Resep tersebut diungkapkan oleh Danang melalui cuitan di akun @lintingdhewek.

Selama ini, Danang tercatat sudah membeberkan tiga macam resep dan tips masakan, yakni memasak mi instan, teh, dan kopi, dengan tambahan sedikit tepung beras. Kebaikan hatinya yang rela membocorkan resep para pedagang pun membuat Danang atau kerap disapa Mas Danang menjadi idola warganet.


Bahkan, nama Mas Danang sempat menjadi topik paling banyak dibicarakan di Twitter pada Selasa lalu. Lalu, seperti apa sosoknya? Apa saja kumpulan resep yang Danang bagikan?

Sosok "Mas Danang", pedagang asal Jawa Timur

Dihubungi Kompas.com pada Rabu (2/11/2022) malam, Danang mengaku seorang pedagang asal Surabaya, Jawa Timur. Dia menceritakan, resep yang selama ini dibeberkan di akun pribadinya merupakan warisan dari lisan ke lisan. Lantaran tak ingat dari mana asalnya, ia pun menyebut resep dan tips tersebut sebagai ilmu kuno. "Itu dari lisan ke lisan saja. Saya sendiri juga lupa, pembicaraan di mana. Cuma seingat saya saja. Makanya saya sebut ilmu kuno, gitu aja," ujar Danang.


Meski resepnya disambut baik oleh warganet, Danang mengaku tidak pernah belajar memasak. Dia hanya pedagang yang mempraktikkan resep dari apa yang selama ini didengar. "Pernah jualan saja. Makanya saya sebut kalau saya dagang, ini yang saya lakukan. Apa yang pernah saya dengar dari obrolan, saya praktikkan saat jualan," terang dia.

Dia juga tidak menamai dirinya sebagai penjual angkringan maupun warmindo. Kendati begitu, warganet Twitter kerap menyebut resep Danang sebagai resep ala angkringan atau warmindo. "Jualan biasa. Nggak pernah menamai angkringan. Warmindo, angkringan, itu terbawa pertanyaan yang saya komentari saja," cerita Danang. "Padahal kan rujukannya, sudah saya sebut kalau saya dagang," imbuh dia.


Resep mi lebih kenyal Nama Danang pertama kali mencuat pada Selasa (11/10/2022), saat membagikan resep rahasia memasak mi instan. Saat itu, Danang menjawab twit seorang warganet yang bertanya rahasia memasak mi seenak warmindo.

Berikut resep memasak mi instan menurut Danang: Air rebusan diberi tepung beras sedikit. Hal ini berguna agar minyak dalam mi tidak bisa lepas langsung ke air panas. Dengan begitu, mi tidak bisa menyerap banyak air, sehingga teksturnya akan lebih kenyal dan tidak lembek.

Danang mengatakan, pemberian tepung beras pada air rebusan merupakan tips saat mi dimasak benar-benar hingga matang. Sebab, tekstur mi yang dimasak hingga benar-benar matang pasti akan rusak. Untuk mengakalinya, kata Danang, digunakanlah tepung beras pada air rebusan.

"Memasukkan mi-nya juga setelah air mendidih. Kalau sebelum mendidih, malah lebih rusak lagi," ujar dia.

Menurut Danang, beberapa orang terkadang tidak paham bahwa mi dan beras serupa. Saat keduanya dimasak kurang matang, akan membuat si pemakan cepat lapar, perut kembung, dan mengalami gangguan perut.


Artikel ini telah tayang di kompas.com

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved