Berita Lahat

Penghentian TV Analog tak Berlaku Bagi Warga Lahat, Selama ini Gunakan Parabola dan Receiver

Karena sudah sejak lama warga tidak menggunakan antena UHF, melainkan menggunakan parabola, receiver dan layanan TV berbayar.

Penulis: Ehdi Amin | Editor: Ahmad Farozi
ehdi amin/sripoku.com
Rudi Dharma Setiawan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lahat 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) oleh pemerintah pusat nampaknya tidak berlaku untuk Kabupaten Lahat.

Karena sudah sejak lama warga tidak menggunakan antena UHF, melainkan menggunakan parabola, receiver dan layanan TV berbayar.

Karena siaran TV analog, merupakan siaran TV yang hanya menggunakan antena UHF.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lahat, Rudi Dharma Setiawan, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, untuk di Lahat penggunaan televisi analog memang tidak ada.

Namun karena itu program pemerintah pusat, sosialisasi peralihan TV digital menggunakan Set Top Box (STB), telah disampaikan ke masyarakat.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi melalui pihak kecamatan.

"Pendataannya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, karena bantuan ini diperuntukan untuk warga miskin," ujarnya.

"Untuk selanjutnya, kita masih menunggu petunjuk, kapan bantuan STB itu didapat," sambungnya.

Wahyu, teknisi siaran televisi di Kota Lahat menyebutkan, Kabupaten Lahat sudah lebih dahulu menerapkan siaran TV digital, melalui parabola.

Siaran TV analog itu untuk TV yang menggunakan antena tulang ikan (UHF), biasanya ada di kota besar seperti Kota Palembang.

Peralihan itu maksudnya, dari siaran yang banyak semutnya, jadi siaran digital yang gambarnya lebih halus dari sebelumnya.

"Kalau untuk Lahat, sepertinya masih lama kalau mau cicip antena tulang ikan. Soalnya tower untuk analog juga tidak ada," katanya.

"Paling TVRI di Reli, Kelurahan Kota Baru, itu juga jika mau diaktifkan lagi. Tapi penghentian itu tidak ngaruh ke warga Lahat,” ujar Wahyu.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved