Berita Pali

Update Harga Kelapa Sawit di Pali, Dua Pekan Terakhir Naik Jadi Rp1.700 per Kilogram

"Alhamdulillah Sejak dua minggu ini harga kelapa sawit naik jadi Rp1600 - Rp1700," ungkap petani sawit di Pali, Rabu (19/10/2022).

Penulis: Reigan Riangga | Editor: Ahmad Farozi
reigan/sripoku.com
Petani Kelapa Sawit di Kabupaten Pali kini mulai sumringah. Sejak dua pekan terakhir, harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit naik. Tampak salah satu pengepul sawit di Simpang Raja Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi, Pali, saat akan dimuat, Rabu (19/10/2022). 

SRIPOKU.COM, PALI - Petani Kelapa Sawit di Kabupaten Pali kini mulai sumringah. Sejak dua pekan terakhir, harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit naik.

Sseorang petani kelapa sawit di Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi, Guntur mengatakan, dia dan keluarganya saat ini sedikit bisa bernafas lega.

"Alhamdulillah Sejak dua minggu ini harga kelapa sawit naik jadi Rp1600 - Rp1700," ungkap ayah dua anak ini, Rabu (19/10/2022).

Namun menurutnya, kendati harga sawit saat ini naik, hasil panen malah turun. Kelapa sawit miliknya hanya sedikit menghasilkan buah segar.

"Jadi, hasil panennya berkurang. Kita belum mengetahui penyebab berkurangnya hasil panen, apakah pengaruh cuaca atau hal lain. Yang jelas kita sangat bersyukur dengan harga sementara ini," ujarnya.

Dari informasi ditingkat pengepul TBS kelapa sawit Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi, Pali, harga TBS kelapa sawit dibandrol dengan harga Rp1.650 - Rp 1.700 per kilogram, sesuai kualitas buah.

"Bulan lalu itu harganya kita terima dari petani hanya Rp1200 per kilo. Alhamdulillah sekarang sedikit alami peningkatan," ujarnya.

Dijelaskan, sementara ini pihaknya menjual ke pabrik dengan harga Rp1950 per kg. Diharapkan, kedepan harga TBS kelapa sawit bisa stabil diatas Rp2500 per kg.

"Dari harga kemarin yang sempat tinggi Rp3.200 per kg turun drastis Rp1.200 kita sangat terpuruk. Namun sekarang Alhamdulillah sudah sedikit stabil," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved