Berita Musirawas

DAPAT Bagian Rp 30 Juta Berperan Ikuti Korban, Perampok Asal Lampung Ini Ditangkap Polres Musi Rawas

Satu dari lima pelaku perampokan terhadap karyawan perusahaan pada 19 September 2022 lalu diamankan Tim Landak Satreskrim Polres Musi Rawas

Penulis: Eko Mustiawan | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/EKO MUSTIAWAN
Anggota Polres Musirawas menggiring HN alias Hans (47) warga Desa Talang Sepuh Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tenggamus Provinsi Lampung, salah satu tersangka perampokan karyawan perusahaan di Musirawas, Sabtu (8/10/2022). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Satu dari lima pelaku perampokan terhadap karyawan perusahaan pada 19 September 2022 lalu diamankan Tim Landak Satreskrim Polres Musi Rawas (Mura), Polda Sumsel.

Pelaku adalah HN alias Hans (47) warga Desa Talang Sepuh Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tenggamus Provinsi Lampung.

Dalam kasus perampokan tersebut tersangka hanya lima orang, bukan 7 orang seperti yang diberikan sebelumnya.

Empat pelaku lainnya inisial MA, AY, DI dan HD yang semuanya masih dalam pencarian orang lain (DPO).

Tersangka Hans mengaku, mendapat bagian Rp30 juta usai melakukan aksi tersebut.

Uang tersebut digunakan untuk membayar hutang dan juga memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya diajak tersangka DI, dan dapat bagian Rp30 juta untuk kebutuhan hidup. Uang dibagi setelah melakukan perampokan, kemudian kami berpencar," kata Hans, kepada media.

Hans mengaku berperan mengikuti korban bersama tersangka DI, kemudian melaporkannya kepada 3 pelaku lainnya yang menunggu di tempat kejadian perkara (TPK).

"Saya ngikuti mobil korban bersama pelaku DI, saya juga tidak kenal dengan korban, karena saya diajak. Perampokan ini sudah direncanakan 3-4 hari sebelumnya. Setelah itu, saya pulang ke Lampung ke rumah saya," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono melalui Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat mengatakan, pelaku ditangkap pada Sabtu (08/10/2022) subuh sekitar pukul 05.00 di daerah Lampung tepatnya di Desa Talang sepuh Kecamatan Talang Padang, Lampung.

"Hasil interogasi, pelaku mengakui perbuatannya melakukan aksi perampokan bersama 4 rekannya," kata Kasat dalam press release yang digelar Senin (10/10/2022).

Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat saat memimpin pres release ungkap kasus perampokan karyawan perusahaan, Sabtu (8/10/2022).
Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat saat memimpin pres release ungkap kasus perampokan karyawan perusahaan, Sabtu (8/10/2022). (SRIPOKU.COM/EKO MUSTIAWAN)

Akibat perbuatannya lanjut Kasat, pelaku dikenakan Pasal 365 ayat 2 ke-2 KUHPidana tentang Curas yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

"Pelakunya 5 orang, bukan 7 orang. Mereka memiliki peran masing-masing," jelas Kasat.

Dijelaskan Kasat, otak dari aksi tersebut yang merencanakan adalah pelaku DI dan mendapat jatah paling besar yakni Rl180 juta.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved