Liga 1

Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai Waktu tak Ditentukan, Mahfud: Sampai Jokowi Nyatakan Dinormalisasi

Mahfud juga menjelaskan, penghentian seluruh kompetisi sepak bola Liga Indonesia itu merupakan penekanan dari TGIPF.

Editor: Odi Aria
Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, selepas melapor terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan kepada Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (04/10/2022). 

SRIPOKU.COM- Seluruh aktivitas Liga Indonesia resmi dihentikan sementara, baik itu Liga 1, Liga 2 maupun liga 3 sampai presiden Jokowi menyatakan sudah dinormalisasi lagi berdasarkan hasil Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF)

Keputusan itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD yang juga Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan

Mahfud juga menjelaskan, penghentian seluruh kompetisi sepak bola Liga Indonesia itu merupakan penekanan dari TGIPF.

Hasil itu, katanya, disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali yang juga wakil ketua TGIPF

"TGIPF ini juga menekankan dan disetujui oleh Menpora, bahwa semua kegiatan yang berpayung PSSI, terutama Liga 1, 2, dan 3 supaya dihentikan," ujar Mahfud dalam keterangan pers, Rabu (5/10/2022).

Mahfud menjelaskan, penghentian sementara tersebut dilakukan sampai Presiden Joko Widodo menyatakan kondisi persepakbolaan di Indonesia bisa dinormalisasi.

Bentuk normalisasi itu akan bergantung pada hasil kerja TGIPF yang saat ini sedang berjalan.

"(Dihentikan) Sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah tim ini menyampaikan rekomendasinya untuk seperti apa normalisasi itu harus dilanjutkan," kata dia.

 
Adapun TGIPF, kata Mahfud, akan bekerja dengan cepat menemukan fakta-fakta peristiwa Kanjuruhan. 

Sebagai informasi tragedi Kanjuruhan per Selasa (4/10/2022) menewaskan 131 orang.

Mahfud lantas menjelaskan, TGIPF akan bekerja lebih kurang dengan masa waktu dua minggu ke depan.

"Insya Allah tiga minggu tim ini sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden, dan mudah-mudahan bisa lebih cepat dari itu," imbuh Mahfud.

Dia berharap TGIPF yang dia pimpin bisa segera menemukan akar masalah agar peristiwa kerusuhan sepak bola Indonesia tak terulang kembali.

Diketahui, tragedi Stadion Kanjurungan terjadi usai laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) dengan hasil 2-3 untuk tuan rumah.
 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved