Imbas Tragedi Kanjuruhan Presiden Perintahkan Cek Stadion di Indonesia Ini Kata Asprov PSSI Sumsel

Tragedi Kanjuruhan membuat Presiden Jokowi memerintahkan agar mengecek seluruh stadion, Asprov PSSI Sumsel sebut Stadion di Palembang sudah berstandar

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: adi kurniawan
Handout
Stadion yang memenuhi standar itu ada Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya Palembang.  

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Tragedi Kanjuruhan Malang membuat Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) agar mengecek seluruh stadion yang ada di Indonesia, baik itu stadion utama Liga Indonesia, yakni di Liga 1, liga 2 bahkan di Liga 3. 

Terkait hal ini Plt Sekretaris Asprov PSSI Sumsel Faisal Mursyid SH menyatakan untuk di Palembang stadionnya sudah berstandar internasional. 

Ia menyebutkan stadion sepakbola itu ada standar liga 1, Liga 2, maupun Liga 3. Ada pul yang berstandar FIFA.

Kalau di Palembang, stadion yang memenuhi standar itu ada Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya Palembang

"Kalau GSJ itu sudah standar internasional. Stadion Bumi Sriwijaya standar internasional juga karena di sana sudah pernah dilaksanakan Asian Games, AFF Women's Championship beberapa kali," ungkap Faisal Mursyid kepada Sripoku.com.

Pengecekan ataupun soal audit yang dimaksud Jokowi adalah segala hal tentang stadion.

Mulai dari soal hal teknis seperti pintu gerbang hingga terkait manajemen stadion

Apakah gerbangnya sesuai dengan standar, cukup lebar, apakah gerbang pintunya ukuran sesuai standar, lapangannya pemegang kendali siapa, semuanya.

Dari peristiwa ini, agar diperbaiki semuanya, manajemen lapangan, manajemen stadion, diaudit lagi. 

Faisal yang juga Sekretaris PT SOM (Sriwijaya Optimis Mandiri) manajemen pengelola klub Sriwijaya FC menyebut stadion Atletik JSC juga standar minimal internasional. 

Ini terlihat dari ruangan-ruangannya itu tersedia di situ. Standar yang memenuhi internasional itu yakni memenuhi persyaratan untuk pelaksanaan pertandingan, tersedianya lapangan yang sesuai dengan ukuran FIFA. Tribun yang sesuai dengan standar FIFA. 

Tersedianya ruangan medis, ruang dooping control, ruang rest room. Jadi walaupun stadion itu misalnya kecil, tetapi semua apa yang ada di dalam list persyaratan itu terpenuhi, itu memenuhi standar. 

Ketika disinggung Stadion Kamboja dan Lapangan Hatta, menurut Faisal keduanya itu merupakan stadion lokal.

Kalaupun untuk dipakai kompetisi Liga 3 masih harus diverifikasi dulu. 

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved