Berita Muara Enim

Polres Muara Enim Rutin Melakukan Pemeriksaan Senpi, Upaya Pencegahan Pelanggaran

Upaya mencegah pelanggaran penggunaan Senjata Api (Senpi) oleh anggotanya, Polres Muara Enim secara rutin melakukan pemeriksaan dan mengecek senjata

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/ari
Tampak anggota Propam Polres Muara Enim mengecek kelengkapan senpi anggota, Senin (3/10/2022). 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Upaya mencegah pelanggaran penggunaan Senjata Api (Senpi) oleh anggotanya, Polres Muara Enim secara rutin melakukan pemeriksaan dan mengecek senjata api dinas yang dipegang oleh seluruh personil jajaran di Mapolres Muara Enim, Senin (3/10/2022).

Pengamatan di lapangan, terlihat satu persatu anggota Polres Muara Enim dari berbagai kesatuan seperti Reskrim, Narkoba  Propam, Babinsa, Intel, Lantas mengikuti kegiatan pemeriksaan.

Secara teknis dilakukan fungsi Propam Polres Blitar Kota.

anggota Propam Polres Muara Enim mengecek kelengkapan senpi anggota.
Tampak anggota Propam Polres Muara Enim mengecek kelengkapan senpi anggota, Senin (3/10/2022).

Satu persatu senjata dan kelengkapan anggota secara bergantian diperiksa dan dicek.

Sedangkan bagi anggota yang berada di Polsek-polsek akan dilakukan jemput bola untuk pemeriksaan Senpi dan kendaraan dinas.

"Pemeriksaan ini untuk mengecek kelengkapan surat, kelayakan, kebersihan, dan amunisi senjata. Sehingga senpi di tangan anggota tetap terawat dan tidak disalahgunakan,” ujar Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIk melalui Kabag Logistik Kompol Ahmad Jais SE MM didampingi Kasi Propam Iptu Alatas di Mapolres Muara Enim, Senin (3/10/2022).

Menurut Kompol Ahmad Jais, pemeriksaan dan pengecekan senpi ini merupakan bagian dari kegiatan rutin yang dilaksanakan Polres Muara Enim.

Tujuannya pengecekan Senpi tersebut sebagai kontrol kelayakan senjata api guna pendukung anggota Polri dalam menjalankan tugas di lapangan sehingga bisa mengurangi tingkat pelanggaran yang dilakukan personel karena kegiatan tersebut juga termasuk dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan personil.

Sebab Senpi dinas tersebut berfungsi untuk melindungi masyarakat saat personel bertugas menjaga harkamtibmas.

“Kita tahu tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. Personil yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan. Jadi jangan sampai ada pelanggaran bagi pemegang senpi,” tegasnya.

Adapun objek dari pemeriksaan ini, lanjut Jais, meliputi fisik senjata api jumlah amunisi dan surat administrasi pemegang senpi oleh personil.

Semua personil harus melengkapi surat administrasi dan melewati serangkaian tes untuk memegang Senpi dinas.

Tes pemegang senpi antara lain memenuhi syarat Psikologi dari Biro SDM Polda Sumsel, tidak dalam pelanggaran atau sedang menjalani sidang disiplin dan kode etik surat rekomendasi dari Satker.

"Ada beberapa jenis senpi anggota yang dilakukan pengecekan seperti Taurus, Pindad, S&W, dan HS. Seluruh senjata ada 144 pucuk, tetapi yang dipinjam pakaikan hanya 60 pucuk dan sisanya masih di gudang," bebernya. 

Dirinya mengingatkan seluruh personel Polres Muara Enim beserta anggota polsek yang memegang Senpi untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan senjatanya. (ari)

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved