Berita Palembang

LPPM Unsri Dapat Permintaan Alat Pengering Pembuatan Mesin Pengering Kemplang

Kunjungan ini disambut baik oleh pihak UMKM “Kerupuk & Kemplang Watet" yang diketuai oleh Ismawati.

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Odi Aria
Handout
Tim pengabdian masyarakat, Tim Monitoring Unsri bersama UKM Kerupuk dan Kemplang WATET, Desa Meranjat I Dusun II Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu, (1/10/2022) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz


SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Setelah sukses mengajarkan proses pembuatan alat penggiling ikan program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dosen program studi Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sriwijaya (Unsri). 


UKM Kerupuk dan Kemplang WATET, Desa Meranjat I Dusun II Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir yang diketuai Wati menyampaikan permintaan baru memerlukan alat pengering dikarenakan terdapat kendala dalam pengeringan yang masih memanfaatkan cahaya matahari, sedangkan cuaca tidak dapat diprediksi sehingga menghambat proses produksi. 


"Hal ini dapat dicarikan solusinya dengan pembuatan oven pengering, tentu sangat memungkinkan dilakukan pengabdian selanjutnya, hal ini juga didukung penuh oleh tim monitoring Unsri untuk dilaksanakan tahun depan," ungkap Ketua tim pengabdian masyarakat Edi Setiyo, S.Pd., M.Pd.T. 


Tim pengabdian masyarakat beranggotakan Esti Susiloningsih, S.Pd., M.Si., Nova Lingga Pitaloka., S.Pd., M.Pd., Henny Helmi, S.Pd., M.Pd., juga bersama mahasiswa Doni Saputra, Muhammad Rizki Ramadhan, Windy Seftiyani, dan Sholihah Rosdiani. 


Bersama Tim Monitoring Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd., Lisa Mandasari, S.I.P., M. Si., M. Fajri Septian,  melakukan kunjungan ke tempat UMKM “Kerupuk & Kemplang Watet“, Sabtu, (1/10/2022).

 

Kunjungan ini disambut baik oleh pihak UMKM “Kerupuk dan Kemplang Watet" yang diketuai oleh Ismawati.


Tim Monitoring Unsri melakukan observasi secara langsung terhadap mesin yang telah dibuat oleh tim pengabdian, dilanjutkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) kepada ketua PPM dan ketua UMKM “Kemplang & Kerupuk Watet”.


Prof. Mulyadi Eko Purnomo, M.Pd. sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh tim pengabdian yang diketuai Edi Setiyo, S.Pd., M.Pd.T.

Menurutnya,dari produk yang dibuat sangat sesuai dan modifikasi yang diterapkan sangat relevan dari segi penggunaan listrik tidak terlalu besar, perawatan mesin yang ekonomis, serta penggunaan waktu lebih efisien.


Setelah selesai melakukan kegiatan PPM dengan Judul Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan  Mesin Penggiling Daging Untuk Meningkatkan UMKM di Desa Meranjat 1 Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir.  
 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved