Berita Musi Rawas

Buah Nanas Warga Musi Rawas Punya Bentuk Unik, Satu Buah Beratnya 6 Kilogram Lebih

Buah nanas yang umumnya tumbuh pada satu tunas dan memiliki bentuk buah yang lonjong mirip kerucut.

Penulis: Eko Mustiawan | Editor: Odi Aria
Sripoku.com/Eko Mustiawan
Rahmoyo warga Perumahan Paku Alam Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mura Provinsi Sumsel, saat menunjukan buah nanasnya yang unik dan berbentuk kipas. 

 

SRIPOKU.COM, MUSI RAWAS-- Buah nanas yang umumnya tumbuh pada satu tunas dan memiliki bentuk buah yang lonjong mirip kerucut, namun tidak dengan buah nanas milik Rahmoyo, Sabtu (1/10/2022).


Nanas milik warga Perumahan Paku Alam Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura), Provinsi Sumsel tersebut, justru berbuah melebar dan membentuk layaknya kipas. 


Dilahan pekarangan seluas lebih 10x20 meter, tepat berada di samping rumahnya inilah, nanas unik dengan bentuk yang tak biasa tumbuh dan berbuah.


Hal itupun, membuat Rahmoyo terkejut. Sebab, pohon dengan jenis yang sama sebelumnya juga berbuah, namun buahnya normal seperti buah nanas pada umumnya. 


Hanya saja, tunas atau mahkota di atas buah nanas tersebut, terdapat lebih dari satu, bahkan mencapai 6-7 mahkota. Padahal umumnya, satu buah dengan 1 mahkota. 


Tak hanya, nanasnya yang kini berbentuk kipas, tapi juga memiliki beberapa mahkota, bahkan diperkirakan lebih dari 10 dan buahnya yang juga banyak, namun menyatu dan melebar membentuk kipas 


Saat ditemui Sripoku.com, Rahmoyo mengaku, baru mengetahui hal itu, beberapa hari terakhir. Saat dirinya hendak melihat kebun miliknya yang berada tepat di samping rumahnya.


"Awalnya juga kaget, kok buahnya aneh dan berbeda dengan yang sebelumnya. Kalau yang sebelumnya, hanya 1 buah bentuknya normal seperti nanas pada umumnya," kata Rahmoyo. 


Hanya saja dengan pohon yang sama, sebelumnya memang bobot buahnya mencapai 6,7 Kg dengan mahkota sekitar 6-7 mahkota di atas buahnya. 


"Kalau yang kemaren buahnya sampai 6,7 Kg dan mahkotanya ada 6-7 mahkota," ungkapnya. 


Rahmoyo mengaku, jika nanas yang ditanamnya adalah nanas jenis Bogor yang dibelinya dari seorang pedagang di pinggir jalan tepatnya di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. 


"Belinya buahnya dengan satu mahkota. Karena memang ukuran yang jumbo, makanya saya beli," ucapnya. 


Setelah itu lanjut Rahmoyo, mahkota nanas tersebut ditanamnya dilahan di samping rumahnya. Hingga akhirnya tumbuh dan berbuah. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved