Prakiraan Cuaca Sumsel

Prakiraan Cuaca Sumsel Dilanda Fenomena Siklon Tropis Noru, BMKG Prediksikan Cuaca Akan Lebih Panas

BMKG SMB II Palembang menyebut saat ini cuaca di Sumsel menyebut penyebab cuaca di Sumsel beberapa hari ini lebih panas peyebabnya Siklon Tropis Noru

Penulis: Oki Pramadani | Editor: adi kurniawan
Handout
Prakiraan Cuaca Sumsel BMKG sebut Siklon Tropis Noru pada tanggal 28 September 2022 di daratan Vietnam bagian timur menyebabkan pola angin di Sumsel dan sekitarnya menjadi minim uap air 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) SMB II Palembang menyebut saat ini cuaca di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyebut penyebab cuaca di Sumsel beberapa hari ini lebih panas dibandingkan sebelum-sebelumnya.


Kordinator Bidang Observasi dan Informasi SMB II Palembang, V Sinta Andayani menjelaskan, Dilihat dari potensi hujan memang beberapa hari ini potensi hujan di Sumsel terpantau menurun.


"Hal itu dikarenakan terbentuknya Siklon Tropis Noru pada tanggal 28 September 2022 di daratan Vietnam bagian timur menyebabkan pola angin di Sumsel dan sekitarnya menjadi minim uap air," ujar dia, Kamis (29/9/2022).


Sehingga fonemenal tersebut, kata Sinta, menurunkan atau menghambat proses pertumbuhan awan hujan.


Walaupun La Nina dan Dipole Mode Indonesia masih terpantau aktif. Karena itu beberapa hari terakhir terpantau cuaca Sumsel di dominasi cerah-berawan dan hujan ringan-sedang di beberapa tempat. 


"Hal ini juga berpengaruh terhadap peningkatan suhu harian pada beberapa hari ini yang memang terasa cukup panas," terang dia.

 


Lanjut dikatakan, Suhu maksimum di siang hari tercatat di BMKG SMB II Palembang dari hari Minggu hingga hari Kamis ini berkisar antara 32 hingga 34 C. 


Sementara suhu tertinggi tercatat 34,1 C pada hari ini (Kamis). 


"Dari monitoring dinamika atmosfer saat ini Siklon Tropis NORU telah punah setelah masuk daratan vietnam sehingga diprakirakan potensi hujan akan meningkat kembali mulai besok," ungkapnya kepada sripoku.com.


Dikatakan Sinta, Dari faktor astronomi deklinasi matahari atau gerak semu matahari hari ini telah melewati Ekuator, menuju titik baliknya di Bumi bagian Selatan, saat ini matahari mencapai kulminasinya di Sumsel.


Biasanya hal ini akan berpengaruh terhadap kenaikan suhu udara, karena itu secara statistik salah satu puncak suhu udara di Sumsel antara bulan September-Oktober. 


"Sebagai informasi kota Palembang akan mengalami fenomena kulminasi utama 2 (hari tanpa bayangan ke 2) pada tanggal 1 Oktober 2022 jam 11:50:44 WIB mendatang," tutupnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved